Presiden Jokowi: Orang Kaya di Indonesia Berasal dari Pertambangan

UANG | 20 November 2019 18:54 Reporter : Merdeka

Merdeka.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menghadiri penganugerahan penghargaan perusahaan tambang yang tergabung dalam Asosiasi Pertambangan Indonesia ( Indonesia Minning Association/IMA).

Dalam kesempatan tersebut, Jokowi mengatakan, ‎orang kaya di dunia bahkan di Indonesia merupakan pelaku usaha dari‎ sektor pertambangan. Dia pun menyebut pengusaha tambang yang hadir merupakan orang kaya.

‎"Tidak hanya di dunia, di Indonesia juga orang-orang kaya berasal dari pertambangan. Jadi yang hadir di sini juga orang kaya karena berasal dari pertambangan," kata Jokowi saat menghadiri pemberian penghargaan IMA, di kawasan bisnis Sudirman, Jakarta, Rabu (20/11).

Namun demikian, Jokowi mengaku masih menemukan kerusakan lingkungan akibat eksploitasi sumber daya alam pertambangan yang belum ramah lingkungan.

‎"Saya lihat masih banyak kerusakan lingkungan akibat penggunaan SDA yang begitu cepat," ujarnya.

1 dari 1 halaman

Terapkan Tambang Ramah Lingkungan

Dia pun mengingatkan, agar pelaku usaha sektor pertambangan menerapkan manajemen menambang yang ramah lingkungan, sehingga kerusakan alam akibat kegiatan penambangan bisa diminimalisir.

"Saya ingin ingatkan bahwa tambang ini berasal dari SDA yang tidak bisa kita perbarui. Sehingga, sekali lagi, penggunaan dan manajemen harus ramah lingkungan. Saya minta kita jaga kerusakan lingkungan akibat eksplorasi yang begitu banyak di negara kita," tandasnya.

Sumber: Liputan6.com (mdk/idr)

Baca juga:
Jokowi: Rupiah Tak Perlu Takut Lawan USD Jika Hilirisasi Tambang Diterapkan
Pembangunan Pengolahan Limbah Nikel Ditargetkan Rampung Akhir Tahun Ini
Ombudsman Bilang Pelarangan Ekspor Nikel di 2020 Timbulkan Ketidakpastian Hukum
Soal Kebijakan Pelarangan Ekspor Nikel, Ombudsman Endus Potensi Praktik Korupsi
Ekspor Bijih Nikel Dilarang 2020, Penjualan Oktober Meningkat 300 Persen