Presiden Jokowi Target RI Miliki 5.000 Km Jalan Tol di 2024

UANG » MALANG | 6 November 2019 14:37 Reporter : Supriatin

Merdeka.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) memastikan pemerintah terus menggenjot pembangunan infrastruktur di Tanah Air. Dia menyebut, dalam lima tahun ke depan, pemerintah menargetkan memiliki jalan tol sekitar 4.500 sampai 5.000 kilometer (Km).

"Kita harapkan 5 tahun ke depan berada pada angka kurang lebih 4.500-5.000 Km jalan tol," kata Presiden Jokowi dalam acara Pembukaan Konstruksi Indonesia 2019 di JI-Expo Kemayoran, Jakarta Pusat, Rabu (6/11).

Sejak menjabat sebagai presiden pada 2014, Presiden Jokowi mengklaim telah membangun lebih dari 718 Km jalan tol. Akhir tahun ini, diperkirakan sudah ada 1.500 Km jalan tol yang dibangun.

"Kita perkirakan akhir tahun ini kita akan memiliki kurang lebih 1.500 Km jalan tol. Ini hanya 5 tahun," ujarnya.

Dia melanjutkan, guna terus mendukung pembangunan infrastruktur, pemerintah meningkatkan alokasi anggaran. Dari sebelumnya hanya Rp402 triliun, tahun depan meningkat menjadi Rp430 triliun.

Berkat keseriusan pemerintah, peringkat pembangunan infrastruktur Indonesia pada 2018 berada di posisi 52 di dunia. Capaian ini naik 30 peringkat dari posisi sebelumnya di 2010. "Meskipun demikian, kita masih tertinggal dibanding negara lain, ke depan tetap kita fokus infrastruktur meskipun kita geser yang utama SDM," ucapnya. (mdk/bim)

Baca juga:
Presiden Jokowi Ungkit Ketertinggalan Jauh Pembangunan Tol Indonesia dari China
Jasa Marga Kembangkan Teknologi Pengganti Tapping Kartu di Gerbang Tol
Jasa Marga Butuh Puluhan Tahun Tentukan Untung Rugi Pengelolaan Tol
Jasa Marga Fokus Kebut Pembangunan 3 Ruas Tol ini Hingga Akhir Tahun
Siap-Siap, Tarif 18 Ruas Tol Direncanakan Naik Tahun Ini Termasuk Jagorawi
Beroperasi Sebelum Natal, Tarif Tol Layang Japek II Masih Dibahas
Seminggu Digratiskan, Berikut Daftar Tarif Tol Pandaan-Malang Seksi IV

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.