Produsen Pipa Plastik Belanda Tanam Investasi Rp1,7 Triliun di KIT Batang

Produsen Pipa Plastik Belanda Tanam Investasi Rp1,7 Triliun di KIT Batang
UANG | 23 November 2020 17:37 Reporter : Sulaeman

Merdeka.com - Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM), Bahlil Lahadalia kembali berhasil menggaet minat investor asing untuk menanamkan modalnya di dalam negeri. Terbaru, produsen pipa global Wavin Wavin BV akan berinvestasi di Indonesia senilai USD 125 juta atau Rp1,7 triliun.

"Kami menawarkan Wavin bisa membangun pabriknya di Kawasan Industri Terpadu (KIT) Batang. KIT Batang menawarkan harga tanah yang sangat kompetitif, fasilitas dan infrastruktur juga sangat memadai," ujar Bahlil di Jakarta, Senin (23/11).

Bahlil mengatakan, awalnya Wavin berencana akan membangun pabriknya di salah satu lokasi di Pulau Jawa. Namun, berdasarkan kalkulasi logistik dan transportasi, wilayah tersebut kurang efisien. Sementara itu KIT Batang siap menyediakan lahan seluas 20 Ha untuk dijadikan lokasi investasi.

"Bila anda memasok bahan baku dari Cilegon, Banten, maka Batang bisa dijangkau dengan transportasi kereta api, karena di Batang sudah tersedia jalur stasiun kereta sehingga akan menunjang biaya logistik yang lebih murah," paparnya.

Bahlil menjelaskan, rencananya Wavin akan berinvestasi di Indonesia sampai USD 125 juta atau Rp1,7 triliun di Indonesia dengan target produksi pada tahun 2022. "Diharapkan pabrik baru tersebut dapat menyerap sebanyak 400-500 tenaga kerja secara langsung," tukasnya.

Baca Selanjutnya: Pemasok Kebutuhan Pipa...

Halaman

(mdk/idr)

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami