Progres Capai 81,64 Persen, Bendungan Ciawi Ditarget Rampung Desember 2021

Progres Capai 81,64 Persen, Bendungan Ciawi Ditarget Rampung Desember 2021
Anak-anak di Bendungan Katulampa. ©2017 merdeka.com/arie basuki
UANG | 24 Februari 2021 20:45 Reporter : Anisyah Al Faqir

Merdeka.com - Proyek Bendungan Ciawi ditargetkan selesai pada Desember 2021. Hingga Februari 2021, proses rekontruksi sudah mencapai 81,64 persen dan progres lahan mencapai 94,81 persen.

"Hingga Februari 2021, proses konstruksi Bendungan Ciawi telah mencapai angka 81,64 persen, sedangkan progress lahan sebesar 94,81 persen," kata Kepala Satuan Kerja (Satker) Pembangunan Bendungan Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Ciliwung Cisadane, Dony Hermawan dalam keterangan persnya, Jakarta, Rabu (24/2).

Proyek pembangunan Bendungan Ciawi telah dikerjakan sejak 2 Desember 2016 oleh PT Brantas Abipraya bersama PT Sacna. Pembangunan bendungan ini merupakan bagian dari Proyek Strategis Nasional Nomor 152, sesuai dengan Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 56 Tahun 2018.

Dony menjelaskan, Bendungan Ciawi merupakan bendungan kering atau dikenal sebagai dry dam. Dia menyebut Bendungan Ciawi menjadi yang pertama dibangun di Indonesia dengan sistem dry dam.

Prinsipnya, bendungan ini tidak memiliki turbin atau pintu air dan baru akan digenangi air pada musim hujan. Selama musim kemarau, bendungan ini kering. "Sistem waduk ini seperti bottleneck," kata dia.

Bendungan ini akan mampu menampung volume air sebanyak 6,05 juta meter kubik dengan luas genangan 39,4 hektar. Bendungan ini diharapkan mampu mengendalikan dan mengurangi banjir hingga 111,75 m3/detik.

Bendungan ini, selain Bendungan Sukamahi, menjadi rencana induk pengendalian banjir (flood control) Jakarta. Pada periode curah hujan tinggi, bendungan ini akan mampu menahan kelebihan air dan mengalirkannya secara terkontrol.

Bendungan ini dibuat dengan tujuan untuk mengendalikan banjir Sungai Ciliwung. Tak hanya itu bendungan ini juga nantinya akan menjadi lokasi konservasi sumber daya air dan pengembangan pariwisata di Jawa Barat.

Baca Selanjutnya: Pekerjaan Tengah Berjalan...

Halaman

(mdk/idr)

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami