Properti Indonesia Dinilai Bisa Saingi Singapura

UANG | 12 Maret 2019 17:39 Reporter : Merdeka

Merdeka.com - Business Director PropertyGuru Awards, Jules Kay membeberkan perkembangan pasar properti Indonesia. Menurutnya, Indonesia memiliki potensi yang baik di sektor properti. Hal ini dilihat dari banyaknya penghargaan di bidang properti yang diterima Indonesia.

Pada tahun lalu Indonesia menyabet 3 penghargaan internasional dalam grand final Asia Property Awards, masing-masing di kategori Best Hotel Development untuk The Westin Jakarta, Best Office Architectural Design untuk Gama Tower yang mana keduanya dibangun oleh Gamaland dan Best Township Development untuk BSD City yang dibangun oleh Sinarmas Land.

"Kualitas proyek pembangunan di Indonesia cukup baik, meskipun bersaing ketat dengan negara tetangga seperti Singapura. Tiga penghargaan tahun lalu membuktikan Indonesia sudah bekerja keras, saya yakin akan semakin bekerja keras untuk tahun ini," ujarnya di Jakarta, Selasa (12/3).

Kay optimis Indonesia bisa bersaing meskipun lingkupnya ketat, karena harga sewa apartemen dan kondominium di Indonesia masih tergolong murah di tingkat regional. Ditambah lagi, infrastruktur transportasi seperti MRT dan LRT sedang gencar dibangun.

Ajang penghargaan seperti PropertyGuru Awards diharapkan dapat membantu pengembang untuk meningkatkan brand awareness mereka. Semakin banyak penghargaan, semakin tinggi pula nilai suatu merek di mata investor.

Executive Director, Infrastructure & Capital Projects PT Deloitte Konsultan Indonesia Bernardus Djomoputro mengatakan, penghargaan di sektor properti bisa menjadi bukti kredibilitas dan kualitas pengembang di mata konsumen.

"Pengembang yang memenuhi syarat nanti akan diseleksi, berkompetisi di tingkat lokal dan regional. Pemenang itu harus punya track record yang baik, sebagai bukti bahwa mereka layak menang. Nantinya jika pengembang menang, award ini bisa jadi bagian dari pemasaran karya mereka," ungkap Bernardus.

Bernardus mengungkapkan, pemenang ditentukan secara adil dan seimbang. Juri yang dipilih untuk Indonesia Property Awards berasal dari beragam kalangan, mulai dari akuntan, pengacara, arsitek hingga konsultan properti. Tidak ada juri yang berasal dari pengembang agar penilaian lebih seimbang.

PropertyGuru's Indonesia Property Awards akan digelar pada 19 September 2019 mendatang. Pendaftaran peserta sudah dibuka mulai hari ini dan proses penjurian akan memakan waktu kurang lebih 6 bulan hingga penilaian terakhir diputuskan.

Reporter: Athika Rahma

Sumber: Liputan6.com

Baca juga:
Crown Group Tawarkan Investasi Properti di Kawasan Timur Kota Sydney
Gandeng BRI, Pengembang IZZARA Apartement Tawarkan Bunga Kredit Rendah
Tahun Politik Hambat Program Satu Juta Rumah di 2019
Usai PNS, Pemerintah Akan Bangunkan Hunian untuk Generasi Milenial
Sri Mulyani: Keberadaan MRT Ubah Peta Properti Jakarta

(mdk/azz)