Proses Penerimaan CPNS 2019 Tak Perlu Menunggu Pelantikan Kabinet Baru

UANG | 16 Oktober 2019 12:23 Reporter : Merdeka

Merdeka.com - Pemerintah dikabarkan akan memulai proses perekrutan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2019 pada 25 Oktober. Ini menjadi seleksi Aparatur Sipil Negara (ASN) kedua tahun ini setelah sebelumnya diselenggarakan tes Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) Tahap I pada 23-24 Februari kemarin.

Lantas, kapan tes CPNS 2019 akan digelar?

Saat diminta kepastian tersebut, Deputi Bidang SDM Aparatur Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Setiawan Wangsaatmaja mengatakan, dirinya masih harus membicarakan itu bersama pihak terkait lainnya.

"Besok kita ada acara juga, nanti akan bicarakan itu," ujar dia singkat saat ditemui dalam acara Penilaian Kinerja PNS, Akselerasi Implementasi Merit Sistem Berbasis Manajemen Kinerja di Hotel Bidakara, Jakarta, Rabu (16/10).

Dia pun menyatakan, penentuan tes CPNS 2019 tidak serta merta harus menunggu pengangkatan menteri PAN-RB terpilih. "Kita birokrasi jalan terus," serunya.

Sebelumnya, Menteri PAN-RB Syafruddin sempat menyampaikan, perekrutan CPNS tahun ini akan dimulai pada 25 Oktober. "Mulai 25 Oktober. Sudah siap," kata Syafruddin saat ditemui di Istana Wakil Presiden, Jakarta.

Menteri Syafruddin pun menginformasikan penerimaan CPNS 2019 bakal memakai sebanyak kurang lebih 100.000 formasi. Dari 100.000 formasi tersebut, kebanyakan merupakan tenaga pendidikan dan kesehatan.

Reporter: Maulandy Rizky Bayu Kencana
Sumber: Liputan6.com (mdk/bim)

Baca juga:
Siap-Siap, Penerimaan CPNS Dibuka 25 Oktober 2019
Pengumuman, Pendaftaran CPNS 2019 Dimulai November dan Seleksi pada Desember
Pendaftaran CPNS 2019 Segera Dibuka, Simak Info Terbaru Termasuk Soal Jadwal Tes
Pemkab Bogor Usulkan 1.250 Formasi CPNS dan P3K
Aturan Baru, CPNS Kini Dapat Cuti Melahirkan Saat Masa Percobaan
Tengok, 4 Informasi Terbaru Tentang Penerimaan CPNS dan PPPK 2019
Pemerintah Pastikan Buka Penerimaan PNS Baru Tiap Tahun Hingga 2024

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.