PSBB Transisi DKI Diperpanjang, Rupiah Ditutup Melemah ke Rp 14.630 per USD

PSBB Transisi DKI Diperpanjang, Rupiah Ditutup Melemah ke Rp 14.630 per USD
UANG | 3 Agustus 2020 16:36 Reporter : Anggun P. Situmorang

Merdeka.com - Nilai tukar Rupiah ditutup melemah 30 poin di level Rp14.630 per USD dari penutupan sebelumnya di level Rp14.600 per USD. Dalam perdagangan besok, Rupiah diprediksi masih akan berfluktuatif namun ditutup melemah di 30 hingga 50 poin dikisaran Rp14.625 sampai Rp14.680 per USD.

Direktur PT TRFX Garuda Berjangka, Ibrahim, mengatakan pelemahan tersebut akibat PSBB transisi diperpanjang hingga 2 minggu ke depan. Ini dinilai akan berakibat fatal terhadap pertumbuhan ekonomi kuartal-III.

"Kuartal-III akan mengalami penurunan bahkan bisa saja terjadi kontraksi sehingga Indonesia bisa masuk dalam fase resesi apabila di Kuartal-II dan Kuartal-III terjadi kontraksi," ujar Ibrahim melalui riset harian, Jakarta, Senin (3/7).

Guna untuk menghindari Resesi tersebut, DKI Jakarta harus berani di 2 minggu ke depan menjadikan masa PSBB transisi menjadi masa PSBB kenormalan baru. Sehingga perekonomian kembali normal dan bisa menggenjot laju pertumbuhan pada sisa Kuartal-III.

"WHO sendiri memberikan informasi bahwa suatu negara atau Pemerintah guna untuk menangani laju peningkatan terhadap pandemi Virus Corona bukan dengan cara menutup diri atau lockdown tetapi masyarakat dalam aktivitasnya sehari-hari menggunakan masker dan menjaga jarak serta hidup berdampingan dengan pandemi Virus Corona sampai obat penawar Virus Corona sudah ditemukan," katanya.

Baca Selanjutnya: Faktor Eksternal...

Halaman

(mdk/bim)

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami