Puan Maharani: UU Cipta Kerja Dibuat Sebagai Landasan Kebangkitan Ekonomi

Puan Maharani: UU Cipta Kerja Dibuat Sebagai Landasan Kebangkitan Ekonomi
Ketua DPR Puan Maharani. ©istimewa
UANG | 5 Maret 2021 15:30 Reporter : Dwi Aditya Putra

Merdeka.com - Ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI, Puan Maharani menegaskan bahwa, Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2020 tentang Cipta Kerja dibuat sebagai landasan kebangkitan ekonomi Indonesia pasca pandemi Covid-19. UU tersebut diharapkan mampu menjadi solusi bagi ekonomi domestik.

"Undang-Undang Cipta Kerja dibuat sebagai landasan kebangkitan ekonomi Indonesia," kata dia dalam Rapat Kerja Nasional Hipmi 2021, Jumat (5/3).

Dia memahami, ekonomi Indonesia saat ini sudah menunjukkan tanda-tanda pemulihan. Beleid ini pun diharapkan mampu mendorong lebih cepat pemulihan ekonomi Indonesia. Pada tahun ini, pemerintah menargetkan pertumbuhan ekonomi domestik berada sekitar 5 persen.

Puan menambahkan, lahirnya UU tersebut juga tidak terlepas dari dampak besar yang terjadi akibat pandemi Covid-19. Pertama, konsumsi rumah tangga atau daya beli yang merupakan penopang 60 persen perekonomian jatuh cukup dalam.

Kedua, ketidakpastian yang berkepanjangan. Ini menyebabkan investasi ikut melemah dan berimplikasi pada terhentinya usaha dan terjadinya PHK (Pemutusan Hubungan Kerja). Ketiga, berlanjutnya pelemahan ekonomi dunia, hal ini menyebabkan harga komoditas turun dan ekspor Indonesia ke beberapa negara juga terhenti.

"Di tengah berbagai tantangan ekonomi yang kita hadapi, saya yakin ada jendela peluang window of opportunity yang bisa kita manfaatkan untuk melahirkan sebuah solusi, tepatnya solusi dalam bentuk transformasi strategis ekonomi Indonesia, perlu diperhatikan bahwa transformasi strategis ekonomi Indonesia yang kita inginkan bukanlah transformasi yang hanya mengikuti tren," bebernya.

Baca Selanjutnya: Butuh Transformasi...

Halaman

(mdk/idr)

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami