Punya Rencana Pensiun Dini, Jangan Lakukan 3 Kesalahan Ini

Punya Rencana Pensiun Dini, Jangan Lakukan 3 Kesalahan Ini
Ilustrasi masalah keuangan rumah. ©Shutterstock.com/wavebreakmedia
UANG | 24 Januari 2021 07:00 Reporter : Merdeka

Merdeka.com - Anda berpikir masa pensiun masih lama, dan masih banyak kebutuhan lain yang perlu dipenuhi di masa kini dibandingkan untuk masa pensiun. Tentunya semua orang ingin menikmati masa muda mereka, dan itu pun membutuhkan uang.

Namun, banyak pengalaman masa tua yang menyedihkan telah menunjukkan bahwa menabung untuk masa pensiun Anda sangat bermanfaat. Membangun dana pensiun yang cukup besar menjadi sangat sulit jika tidak memulai kebiasaan menabung pensiun sejak dini.

Berikut 3 kesalahan keuangan yang menyebabkan Anda sulit merencanakan masa pensiun, dilansir Freemalaysiatoday.com.

1. Boros Menggunakan Uang

Kebanyakan orang melihat pensiun sebagai hal yang masih jauh dan tidak akan terjadi dalam waktu dekat. Tetapi jika Anda tidak dapat menabung sedikit yang dimiliki sekarang, bagaimana akan dapat menabung ketika tidak memiliki banyak uang?

Studi menunjukkan bahwa ada korelasi sempurna antara pendapatan dan pengeluaran. Dalam istilah awam, tingkat pengeluaran Anda meningkat seiring dengan peningkatan pendapatan. Oleh karena itu Anda harus secara bersamaan membayangkan masa depan ketika akan menggunakan uang.

Satu jalan keluar dari perangkap pengeluaran ini adalah dengan mengontrol tingkat pengeluaran Anda dan selalu memprioritaskan menabung untuk masa pensiun di atas pengeluaran.

Baca Selanjutnya: Tips Selanjutnya...

Halaman

(mdk/azz)

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami