PUPR Target Bangun 11 Ribu Hunian Tetap Untuk Korban Palu

UANG | 1 Juli 2019 15:35 Reporter : Merdeka

Merdeka.com - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menargetkan 11 ribu hunian tetap untuk korban bencana di Donggala, Sigi, dan Palu.

Adapun 3 tahap pembangunan awal dilakukan di Pombewe, Tondo dan Duyu. Di mana, dalam tahap awal ini menggandeng bantuan dari Yayasan Buddha Tzu Chi, yang menggarap sekitar 3 ribu unit.

"Perhitungan sementara kebutuhannya ini kan 11 ribu, sementara 11 ribu. Berarti dari luar 3 ribu, pemerintah harus sediakan 8 ribu rumah kurang lebih," ucap Dirjen Cipta Karya PUPR Danis Sumadilaga di Palu, Sulawesi Tengah, Senin (1/7).

Dia menuturkan, jika ada pihak yang ingin membantu lagi seperti apa yang dilakukan Yayasan Buddha Tzu Chi, maka tinggal dikurangi saja jumlah yang akan diadakan oleh pemerintah.

"Kita tinggal kurangi saja yang 8 ribu itu. Kan nanti bertahap ada tahap satu sampai tiga. Tapi yang pasti lahan juga sudah ada," jelas Danis.

Dia menuturkan, prioritas hunian tetap ini bukan hanya mereka yang tinggal di hunian sementara. Tapi juga yang berada di zona merah.

"Dan di zona merah juga," pungkasnya.

Reporter: Putu

Sumber: Liputan6.com

Baca juga:
Wiranto Minta Rehabilitasi dan Rekonstruksi Dampak Tsunami Palu Diselesaikan
Pemerintah Bangun Kawasan Hunian Tetap untuk Korban Gempa Sulteng
ADB Setujui Pinjaman Rp4,22 Triliun Pulihkan Sulteng Pasca Bencana
9 Bulan Gempa dan Tsunami Sulteng, Hunian Para Korban Harus Diprioritaskan
Chubb Gelontorkan Rp750 Juta Bangun Gedung Sekolah Terdampak Bencana di Sulawesi
Cari Barang Rongsokan, Warga Petobo Temukan Rangka Manusia di Bekas Likuifaksi

(mdk/idr)