Rahasia Pria Asal China jadi Orang Terkaya Kalahkan Jack Ma dalam Hitungan Bulan

Rahasia Pria Asal China jadi Orang Terkaya Kalahkan Jack Ma dalam Hitungan Bulan
Ilustrasi orang kaya. ©Giphy
UANG | 30 Januari 2021 07:00 Reporter : Merdeka

Merdeka.com - Zhong Shanshan menjadi orang terkaya baru asal China. Kekayaannya tembus USD 93,3 miliar sekitar Rp 1.316 triliun berkat bisnis air kemasan dan vaksin. Bisnisnya terus melonjak sehingga mampu menjadikannya sebagai salah satu orang terkaya atau miliarder di dunia dalam hitungan bulan.

Melansir laman Business Insider, Kamis (28/1), pada September 2020, Zhong menjadi berita utama karena dapat mengalahkan Jack Ma yang merupakan pendiri Alibaba. Dia mampu menggeser Jack Ma, sebagai orang terkaya atau miliarder di China.

Kemudian pada akhir Desember 2020, kekayaan pria yang berusia 66 tahun itu telah membengkak lagi sehingga menjadikannya orang terkaya di Asia. Kekayaan bersih Zhong semakin meningkat hingga mampu mencapai USD 93 miliar, menurut Bloomberg’s Billionaires Index.

Jika diurutkan menurut data Bloomberg, Zhong masuk ke dalam posisi keenam orang terkaya di dunia, setelah Mark Zuckerberg dari Facebook dan mengalahkan investor legendaris Warren Buffet.

Di balik statusnya yang menjadi orang terkaya di dunia, Zhong merupakan pimpinan dari 2 perusahaan, yakni perusahaan air minum Nongfu Spring dan pembuat vaksin Beijing Wantai Biological Pharmacy Enterprise.

Pada tahun lalu, Zhong telah melepas kedua perusahaan tersebut ke publik yang kian meningkatkan kekayaannya. Beijing Wantai Biological Pharmacy Enterprise – yang sedang dalam proses mengembangkan vaksin Covid-19 – milik Zhong telah didaftarkan dalam Bursa Efek Shanghai pada April lalu.

Kemudian pada September, dia melakukan penawaran umum seharga USD 1 miliar untuk Nongfu Spring di Hong Kong. Ini kembali membuat Zhong menjadi orang terkaya di China dalam semalaman.

Dari kedua perusahaannya tersebut, sumber kekayaan Zhong. Dari saham Nongfu Spring dia menguasai 84 persen dan Beijing Wantai 75 persen dalam bentuk saham.

Baca Selanjutnya: Melampaui Ambani dan Jack Ma...

Halaman

(mdk/bim)

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami