Rahasia Tipe Pegawai yang Selalu Menjadi Incaran Perusahaan

Rahasia Tipe Pegawai yang Selalu Menjadi Incaran Perusahaan
Ilustrasi wawancara kerja. ©Shutterstock/Michal Kowalski
UANG | 7 April 2021 06:30 Reporter : Merdeka

Merdeka.com - Mark Cuban, salah seorang pengusaha terkaya dunia, melontarkan pernyataan menarik terkait salah satu rahasia suksesnya. Rahasia yang dimaksud adalah kemampuannya untuk mempekerjakan orang yang tepat.

Dilansir dari CNBC, Selasa (6/4), orang tepat yang dimaksudkannya ialah pekerja terbaik. Orang yang dapat mempercepat (pekerjaan) Anda dan benar-benar tahu apa yang ingin Anda capai, yang sesuai dengan visi.

Menurut pemilik Dallas Mavericks dan investor di ratusan perusahaan sukses di bidang teknologi tersebut, hal ini sangatlah penting karena mempekerjakan orang yang salah dapat menyebabkan terjadinya masalah yang sebenarnya tidak perlu.

Saat memutuskan siapa yang akan dipekerjakan, Cuban merekomendasikan untuk bertanya pada diri sendiri apakah kepribadian, tujuan, dan aspirasi kandidat sesuai dengan kompetensi inti dari perusahaan Anda.

"Karyawan seperti ini akan menjadi pengurang stres," katanya.

"Anda tentu tidak ingin membayar seseorang yang akan menyebabkan banyak stres. Anda membutuhkan orang-orang di mana, jika Anda menyuruh mereka melakukan A, B, dan C, mereka mengerjakan A, B, dan C dengan sempurna," jelas Cuban. Itulah yang dimaksudnya berperan dalam mengurangi stres.

Beberapa karyawan ingin melangkah lebih jauh untuk menyelesaikan tugas "D, E dan F", katanya. "Anda menginginkan sebagian dari itu, tetapi Anda tidak ingin terlalu banyak, karena mereka mungkin (justru) tidak menyelesaikan A, B, dan C," tambahnya.

Mungkin juga ada karyawan yang visioner, kata Cuban, yang melompat ke tugas G, H dan I tanpa diminta.

"Kecuali Anda mencoba menempatkan mereka dalam posisi visioner, mereka adalah masalah. Mereka tidak cocok dengan budaya, karena Anda tidak boleh bertentangan dengan visi perusahaan," lanjutnya. "Anda harus mempekerjakan orang yang tepat untuk peran yang tepat."

Baca Selanjutnya: Pekerja Andalan Kenaikan Gaji Datang...

Halaman

(mdk/bim)

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami