Rangkaian Kereta LRT Jabodebek Akan Tiba di Jakarta Pekan Ini

Rangkaian Kereta LRT Jabodebek Akan Tiba di Jakarta Pekan Ini
UANG | 9 Oktober 2019 18:14 Reporter : Siti Nur Azzura

Merdeka.com - Progres pelaksanaan pembangunan prasarana Kereta Api Ringan (Light Rail Transit/LRT) Jabodebek tahap pertama sampai dengan 4 Oktober 2019 telah mencapai 66,13 persen. Selain itu, rangkaian kereta untuk LRT Jabodebek (Jakarta, Bogor, Depok, dan Bekasi) diperkirakan tiba di Jakarta dari Madiun pada Sabtu (12/10).

"Trainset (rangkaian kereta) sedang proses pengiriman dari PT INKA di Madiun untuk diserahkan kepada PT Kereta Api Indonesia (KAI), diperkirakan Sabtu 12 Oktober 2019 tiba di Jakarta," ujar Corporate Secretary PT Adhi Karya (Persero) Tbk, P. Noegroho dikutip Antara di Jakarta, Rabu (9/10).

Dia menjelaskan, progres pelaksanaan pembangunan prasarana lintas pelayanan 1 dengan rute Cawang-Cibubur telah mencapai 85,7 persen. Sedangkan progres pelaksanaan pembangunan prasarana lintas pelayanan 2 dengan rute Cawang-Kuningan-Dukuh Atas mencapai 56,1 persen.

Untuk progres pelaksanaan pembangunan prasarana lintas pelayanan 3 dengan rute Cawang-Bekasi Timur mencapai 59,5 persen. "Secara umum permasalahan sudah diatasi bersama para pihak, hanya tinggal beberapa titik yg masih proses pembebasan," kata P. Noegroho.

Sebelumnya Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan uji coba LRT Jabodebek (Jakarta, Bogor, Depok, dan Bekasi) akan dilakukan akhir Oktober seiring dengan pengiriman bertahap rangkaian kereta oleh PT INKA (Persero). Uji coba LRT Jabodebek akan dilakukan untuk trayek Cibubur-Cawang.

Pemerintah memiliki waktu sekitar dua tahun untuk melakukan uji coba operasi LRT Jabodebek sebelum beroperasi komersial pada November 2021 mendatang.

Dia mengatakan waktu uji coba LRT Jabodebek yang panjang memang diperlukan agar operasional transportasi massal itu bisa optimal. Hal itu juga perlu dilakukan merujuk pada lamanya uji coba yang dilakukan di MRT Jakarta dan LRT Palembang. (mdk/azz)

Baca juga:
Bos APII Jabarkan Sebab Pembangunan Terminal 4 Bandara Soekarno-Hatta Baru Mulai 2021
Terminal 4 Soekarno Hatta Bakal Jadi Terminal Bandara Terbesar di Indonesia
AP II Soal Bandara Dikelola Asing: Sudah Biasa
Wapres JK Setuju Asing Ikut Kelola Bandara di Indonesia, Inilah Alasannya
Kesan dan Pesan Menteri Rudiantara Selama 5 Tahun Bertugas di Kabinet Kerja
Pekan Ini, Pemerintah Akan Umumkan Pemenang Lelang Operator Bandara Komodo

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami