Rayakan Hari Jadi Ke-10, Gojek Terus Kembangkan Digitalisasi Bagi UMKM

Rayakan Hari Jadi Ke-10, Gojek Terus Kembangkan Digitalisasi Bagi UMKM
Gojek. ©2019 Merdeka.com
UANG | 12 November 2020 17:36 Reporter : Merdeka

Merdeka.com - Perusahaan teknologi asal Indonesia yang melayani angkutan melalui jasa ojek, Gojek merayakan hari jadinya yang ke-10. Co CEO Gojek, Andre Soelistyo mengatakan, salah satu pendorong utama pertumbuhan Gojek adalah ekosistem merchant, yang jumlahnya terus bertumbuh hingga 80 persen menjadi 900 ribu merchant dari 500 ribu di tahun lalu. Peningkatan signifikan ini terutama didorong oleh digitalisasi merchant UMKM di masa pandemi.

"Gojek hadir dengan layanan dan solusi komprehensif untuk pengusaha UMKM dengan berbagai skala bisnis, termasuk mereka yang baru pertama kali go-digital. Hal ini sangat penting untuk mendukung pertumbuhan UMKM di Indonesia dan Asia Tenggara, agar mereka bisa mempertahankan kestabilan usaha terlebih di masa pandemi yang telah mengubah kebiasaan hidup masyarakat untuk lebih banyak beraktivitas online," katanya dalam Konferensi Pers Virtual, Kamis (12/11).

Dia mengatakan, komitmen dalam mendukung digitalisasi UMKM untuk #MelajubersamaGojek ditandai dengan dihadirkannya layanan one-stop-solution yang dapat digunakan oleh para pelaku UMKM untuk memudahkan layanan dan transaksi mereka secara digital.

Selain itu, Gojek juga melakukan berbagai inisiatif termasuk bekerjasama dengan pihak ketiga untuk memperluas akses bagi pelaku UMKM menawarkan layanan yang dapat memenuhi berbagai kebutuhan konsumen.

"Layanan belanja sehari-hari seperti GoMart dan GoShop, yang semakin dikembangkan di awal 2020 untuk merespon kebutuhan masyarakat di masa pandemic ini mengalami peningkatan GTV sebesar 500 persen sejak awal pandemic. Dengan begitu ini dapat membuka peluang bagi lebih banyak UMKM untuk mulai berjualan online," ungkapnya.

Selain digitalisasi, investasi pada teknologi dan sumber daya manusia juga akan menjadi fokus Gojek ke depannya untuk bisa meningkatkan user experience baik bagi para konsumen maupun mitra, serta meningkatkan efisiensi untuk bisnis yang berkelanjutan, dengan mengintegrasikan aplikasi Gojek secara global di Indonesia, Singapura, Vietnam dan Thailand.

Hal ini merupakan langkah strategis untuk memperkuat brand Gojek di pasar internasional sekaligus memberikan keleluasaan untuk percepatan pengembangan layanan di negara-negara Gojek beroperasi.

"Dengan komitmen untuk terus memberikan peluang terhadap kehidupan yang lebih baik melalui teknologi, serta fokus kepada efisiensi bisnis, kami akan terus menciptakan dampak positif bagi ekosistem kami serta berkontribusi terhadap perekonomian Indonesia dan Asia Tenggara di tahun-tahun mendatang. 2020 adalah tahun di mana kami belajar banyak hal, sekaligus mencapai banyak hal yang membawa perusahaan jauh lebih kuat secara fundamental. Kami optimis bahwa 2021 akan menjadi tahun yang lebih baik bagi Gojek dan mitra-mitra kami."

Reporter Magang : Brigitta Belia (mdk/azz)

Baca juga:
4 Layanan Ini disebut Jadi Mesin Uang Gojek
CEK FAKTA: Hoaks Link untuk Dapatkan GoPay Gratis
Cara Akses Program Asuransi Allianz #ProteksiCumaCuma di Aplikasi Gojek
Gojek Shield, Inovasi Teknologi Gojek untuk Pengguna dan Mitra dari Kejahatan Siber
Bisik-bisik Grab dan Gojek Mau Merger, Mayoshi San Sampai Turun Tangan
Ini Cara Bayar PBB Pakai GoPay, Sudah Tahu?

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami