RDG Terakhir di Bank Indonesia, Mirza Kenang Sulitnya Hadapi Ekonomi Global

UANG | 18 Juli 2019 16:40 Reporter : Merdeka

Merdeka.com - Komisi XI DPR RI telah memutuskan Destry Damayanti sebagai Deputi Gubernur Senior Bank Indonesia (BI) 2019-2024. Posisi Destry menggantikan Mirza Adityaswara yang habis masa jabatannya pada 24 Juli 1019.

Mirza dalam Rapat Dewan Gubernur (RDG) BI siang ini bercerita mengenai solidnya keluarga di Bank Indonesia. Selain itu, dia juga memaparkan kesulitannya dalam menghadapi ekonomi global pada periode 2013-2018.

"Sudah 5 tahun 10 bulan saya memegang amanah, ini periode yang memang cukup menantang, kami bersama-sama dengan dewan gubernur menghadapi situasi global yang tidak mudah," tuturnya di Kantor BI, Kamis (18/7).

Mirza menjelaskan, pada masa pemerintahannya, pihaknya turut merasakan ketidakpastian global, terutama atas segala kebijakan ekonomi yang diputuskan oleh Presiden Amerika Serikat (AS) yaitu Donald Trump.

"Kemudian ada policy dari Trump terkait trade war, ekspor kita turun, 2013-2018 bukanlah periode yang mudah. Namun bisa dikatakan bahwa tahun ini, 2019 juga bukan periode yang easy going," ujarnya.

Dia pun berharap, BI sebagai bank sentral di Indonesia dapat terus menjaga stabilitas dalam negeri guna mendorong pertumbuhan ekonomi untuk tahun-tahun mendatang.

"BI adalah tim yang sangat solid bersama dengan Komite Stabilitas Sistem Keuangan (KSSK). Saya mengucapkan terima kasih kepada Pak Gubernur BI. Ini semua kita lakukan untuk stabilitas negeri ini guna pertumbuhan ekonomi yang stabil," kata dia.

Reporter: Bawono Yadika

Sumber: Liputan6.com

Baca juga:
BI Prediksi Pertumbuhan Ekonomi Triwulan II-2019 Stagnan
Turunkan Suku Bunga Acuan, BI Pastikan Investasi RI Masih Tetap Menarik
Industri Otomotif Sambut Baik Penurunan Suku Bunga BI
Menengok Kondisi Ekonomi Global Terkini Hasil Pantauan Bank Indonesia
Bank Indonesia Turunkan Suku Bunga Acuan ke Level 5,75 Persen

(mdk/idr)

TOPIK TERKAIT
BERI KOMENTAR
Join Merdeka.com