Relaksasi PPnBM, Gakindo Minta APM Segera Hitung Penurunan Harga Mobil

Relaksasi PPnBM, Gakindo Minta APM Segera Hitung Penurunan Harga Mobil
Ekspor mobil. ©2013 Merdeka.com/Muhammad Luthfi Rahman
UANG | 14 Februari 2021 13:30 Reporter : Anisyah Al Faqir

Merdeka.com - Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) tengah menunggu petunjuk pelaksanaan/petunjuk teknis (juklak/juknis) dari kebijakan relaksasi Pajak Penjualan atas Barang Mewah (PPnBM) nol persen pada Maret 2021.

"Kita tunggu juklak/juknis-nya dulu," kata Ketua I, Gakindo, Jongkie D Sugiarto kepada merdeka.com, Jakarta, Minggu (14/2).

Meski begitu, Jongkie meminta agar Agen Pemegang Merek (APM) untuk melakukan antisipasi dari lahirnya kebijakan ini. Sehingga masyarakat bisa mengetahui lebih jelas harga kendaraan yang mendapatkan kebijakan ini.

"Kita harapkan agar APM segera melakukan antisipasi sehingga harga KBM yang mendapat kan relaksasi ini bisa di disesuaikan atau diturunkan," dia.

Sehingga nanti masyarakat bisa mulai membeli kendaraan yang diinginkan. "Dengan demikian masyarakat dapat mulai membeli KBM dimaksud," katanya.

Sebagai informasi, realisasi kebijakan PPnBM ini akan dilakukan secara bertahap hingga akhir tahun 2021. Skenario besaran relaksasi PPnBM terbagi menjadi 3 tahapan.

Tahap pertama pada Maret-Mei diskon PPnBM sebesar nol persen. Tahap kedua pada Juni-Agustus sebesar 50 persen. Sedangkan tahap ketiga September-November menjadi 25 persen.

Lewat kebijakan ini pemerintah menargetkan sumbangan pajak yang masuk ke kas negara mencapai Rp 1,4 triliun. Sedangkan produksi kendaraan di tahun 2021 sebanyak 81.752 unit. (mdk/idr)

Baca juga:
Ada Diskon Pajak, Penjualan Kendaraan Bermotor Saat Lebaran Berpotensi Meningkat
Ini Dampak Positif Pembebasan Pajak Mobil Baru
Penghapusan Denda Pajak dan Diskon BBNKB, Riau Kehilangan Potensi Pendapatan Rp58 M
Ada Diskon Pajak, Penjualan Mobil di 2021 Ditarget Tembus 750.000 Unit
Cara Membayar Pajak Motor Tahunan dan Lima Tahunan, Perhatikan Syarat-syaratnya
Ditolak Sri Mulyani, Menperin Ajukan Usulan Insentif Pajak Mobil Baru ke Jokowi

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami