Resmi Diganti, Mobil Dinas Presiden Jokowi Mercedes Benz S 600 Guard

UANG | 23 Agustus 2019 16:26 Reporter : Intan Umbari Prihatin

Merdeka.com - Kementerian Sekretariat Negara resmi mengganti kendaraan VVIP Kepresidenan sebanyak dua unit yaitu Mercedes Bens S 600 Guard. Dan PT Astra International Tbk-TSO untuk 101 unit mobil Toyota Crown 2.5 HV G-Executive sebagai kendaraan para menteri kabinet kerja, Presiden setingkat menteri dan pimpinan lembaga negara, mantan presiden dan wakil presiden.

"Sesuai hasil pengadaan dan penawaran, Kemensetneg memutuskan untuk menyediakan 2 unit mobil Mercedes Bens sebagai kendaraan keras VVIP Kepresidenan dan PT Astra International Tbk-TSO sebagai pemenangan 101 penyedia mobil menteri," kata Asisten Deputi Humas Kemensetneg Eddy Cahyono dalam siaran persnya, Jumat (23/8).

Eddy menjelaskan sesuai anggaran 2019, Kemensetneg juga mengadakan kendaraan VVIP Kepresidenan sebanyak dua unit melalui Sistem Penunjukan Langsung. Hal ini diperuntukkan bagi pengamanan presiden dan wakil presiden. Kemudian, 101 unit kendaraan bagi para anggota kabinet 2019-2024 dan pejabat setingkat menteri, dilakukan melalui Sisten Tender Umum dengan menggunakan sistem Layanan Pengadaan Secara Elektronik (LPSE) atau online.

Eddy menjelaskan dalam proses pengadaan tersebut sudah dikonsultasikan kepada Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang Jasa Pemerintah (LKPP) dan juga merujuk pada Peraturan Menteri Keuangan (PMK) Nomor 76/PMK.06/2015 tentang Standar Barang dan Standar Kebutuhan Barang Milik Negara Berupa Alat Angkutan Darat Bermotor Dinas Operasional Jabatan di Dalam Negeri.

Adapun anggaran untuk pengadaan kendaraan tersebut, kata Eddy, tercantum dalam DIPA 2019 Kemensetneg yang sudah melalui pembahasan dan persetujuan DPR RI, sebagaimana tertuang dalam Undang-Undang Nomor 12 Tahun 2018 Tentang Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara Tahun Anggaran 2019.

Baca juga:
Tengok Mewahnya Toyota Crown G-Executive akan Jadi Mobil Dinas Baru Menteri
Kemensetneg Bakal Sediakan 103 Unit Mobil Dinas Baru untuk Jokowi dan Para Menteri
Menang Tender Mobil Menteri, Astra: Kami Selalu Ikuti Aturan dan Proses
Luhut Soal Mobil Dinas Baru Menteri Jokowi: Yang Lama Sudah Mogok
Istana Sebut Anggaran Mobil Dinas Baru Menteri Sudah Disetujui DPR
Menhub Ngaku Mobil Dinasnya Tak Pernah Mogok

(mdk/idr)