Respons Susi Pudjiastuti Saat Pagu Anggaran KKP 2020 Rp6,4 T Dinilai Terlalu Mini

UANG | 18 Juni 2019 15:26 Reporter : Merdeka

Merdeka.com - Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) mengajukan pagu indikatif untuk tahun anggaran 2020 sebesar Rp6,472 triliun. Namun, Komisi IV DPR RI menganggap usulan kementerian yang dipimpin Susi Pudjiastuti itu masih terlalu kecil lantaran KKP hanya mendapat jatah tak lebih dari 1 persen dari alokasi awal kepada 87 Kementerian/Lembaga di 2020 yang sebesar Rp853,983 triliun.

"Sementara, alokasi anggaran pagu indikatif KKP sebesar Rp6,472 triliun. Ini tidak lebih dari 1 persen alokasi RAPBN tahun 2020. Jadi ini harus diperjuangkan terus agar ditingkatkan," ujar Wakil Ketua Komisi IV DPR RI, Viva Yoga Mauladi.

Saat dimintai tanggapan, Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti menjawab pihaknya masih akan berfokus pada pagu indikatif awal. "Kita kelola dulu yang ada dengan baik," ungkapnya seusai rapat dengan Komisi IV DPR RI di Jakarta, Selasa (18/6).

Dia pun belum mau banyak berbicara bila seandainya anggaran tahun depan benar-benar akan naik saat diketok palu. "Kita lihat saja," sambung Menteri Susi.

Adapun pagu indikatif KKP sebesar Rp6,473 triliun itu akan dipakai demi menunjang target indikator kerja KKP pada 2020. Antara lain, pertumbuhan Produk Domestik Bruto (PDB) perikanan sebesar 7,9 persen.

KKP juga menargetkan perikanan tangkap sebesar 7,99 juta ton, perikanan budidaya 7,45 juga ton, rumput laut 10,99 juta ton, garam nasional 3 juta ton, dan total produksi perikanan 26,43 juta ton.

Senada, Sekretaris Jenderal KKP Nilanto Perbowo mengatakan, pihaknya masih menunggu keputusan akhir terkait pagu anggaran final untuk 2020. Dia membuka dua kemungkinan bila hal tersebut benar terjadi.

"Kita ngikutin. Ada dua kemungkinan. Kalau kapasitas fiskal cukup, ada inisiatif di pemerintah. Sebaliknya, seperti lazimnya, setiap rapat kerja komisi bersama kementerian/lembaga, mitra, itu aspirasi mereka mengusulkan kenaikan ya biasanya pemerintah, kementerian akan menunggu," tuturnya.

Reporter: Maulandy Rizky Bayu Kencana
Sumber: Liputan6.com

Baca juga:
KKP Ajukan Pagu Anggaran Rp6,472 Triliun di 2020
Jawaban Para Manteri Jokowi Saat Ditanya Apa akan Masuk Kabinet Lagi?
Menteri Susi Harap Ada Program Untuk PNS yang Berkinerja Baik Cepat Naik Jabatan
Menteri Susi Bakal Kembali Tenggelamkan Kapal Asing Ilegal Usai Lebaran 2019
Candaan Menteri Susi Ingin Jadi Wartawan Online Jika Tak Lagi Terpilih Jadi Menteri
Menteri Susi Siap Jika Kembali Dipilih Jokowi di Periode Berikutnya
Menteri Susi Buka-bukaan soal Beli Baju Lebaran Secara Online

(mdk/bim)