RI Diganjar Fitch Peringkat Laik Investasi, BI Sebut Ekonomi Indonesia Diakui Dunia

RI Diganjar Fitch Peringkat Laik Investasi, BI Sebut Ekonomi Indonesia Diakui Dunia
UANG | 10 Agustus 2020 20:46 Reporter : Anisyah Al Faqir

Merdeka.com - Indonesia kembali mempertahankan peringkat BBB (investment grade/ laik investasi) dengan outlook stabil di masa pandemi Covid-19. Fitch menilai baiknya pertumbuhan ekonomi Indonesia jangka menengah dan beban utang relatif rendah.

Menanggapi itu, Gubernur Bank Indonesia, Perry Warjiyo, mengatakan pengakuan tersebut sebagai bukti stabilitas makroekonomi diakui lembaga internasional. Prospek ekonomi jangka menengah Indonesia juga diakui meski dunia tengah mengalami perlambatan pertumbuhan ekonomi.

"Afirmasi rating Indonesia pada peringkat BBB dengan outlook stabil merupakan bentuk pengakuan Fitch, sebagai salah satu lembaga pemeringkat utama dunia," kata Perry dalam siaran pers, Jakarta, Senin (10/8).

Perry menambahkan Indonesia telah mengambil berbagai kebijakan baik di sisi fiskal, moneter, maupun sistem keuangan secara berhati-hati dan terukur. Dalam kaitan ini, berbagai indikator menunjukkan stabilitas makroekonomi masih terjaga sehingga turut mendukung ketahanan ekonomi nasional.

Inflasi pada Juli 2020 tercatat 1,54 persen (year-on-year) dan diperkirakan akan berada dalam kisaran sasaran inflasi 2020. Defisit transaksi berjalan triwulan II 2020 diprakirakan tetap rendah dan investasi portofolio asing kembali mencatat net inflows.

Sejalan dengan itu, nilai tukar Rupiah secara point to point menguat 14,4 persen pada triwulan II 2020. Cadangan devisa pada akhir Juli 2020 meningkat menjadi USD135,1 miliar atau setara dengan pembiayaan 8,6 bulan impor dan pembayaran utang luar negeri Pemerintah.

Baca Selanjutnya: Perkuat Koordinasi Kebijakan BI dan...

Halaman

(mdk/bim)

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami