Ribuan Andong di Garut Akan Diliburkan saat Musim Mudik Lebaran 2019

UANG | 29 Mei 2019 13:30 Reporter : Merdeka

Merdeka.com - Pemerintah pusat terus berkoordinasi dengan pemerintah daerah (pemda) dan pihak kepolisian daerah (polda) guna memastikan arus mudik Lebaran kali ini bisa berjalan aman dan lancar.

Seperti yang dilakukan di Garut, yakni dengan menghentikan sementara operasi kendaraan tradisional setempat seperti andong dan delman.

Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK), Puan Maharani mengatakan, akan ada sekitar 2.000 andong di wilayah Garut dan sekitarnya yang akan diliburkan pada saat arus mudik dan balik Lebaran nanti.

"Andong yang masih ada sekitar 2.000 sementara akan diliburkan dengan kompensasi yang sudah dibayar oleh Pemda H-4 sampai H+6," ungkap dia saat berkunjung ke Nagreg, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, Rabu (29/5).

Menurutnya, upaya ini sengaja dilakukan agar kegiatan mudik di kawasan Garut dan sekitarnya nanti tidak terganggu oleh banyaknya andong yang kerap menghiasi jalanan di sana.

Dia pun lantas memuji inisiatif pemda dan polda setempat yang telah mau berupaya untuk memastikan kelancaran dan keamanan arus mudik tahun ini.

"Tentu saja saya mengapresiasi apa yang sudah dilakukan pemda setempat, juga kepolisian dan lain-lain yang telah menyiapkan supaya proses mudik Lebaran tahun ini bisa lebih berjalan dengan baik dan lancar," pungkasnya.

Reporter: Maulandy Rizky Bayu Kencana

Sumber: Liputan6.com

Baca juga:
MenPAN-RB Tegaskan PNS Dilarang Mudik Dengan Mobil Dinas
Tinjau Arus Mudik di Stasiun Gambir, Kapolda Metro Cek Kesiapan Personel
Polisi dan TNI Tingkatkan Patroli Cegah Pencurian Rumah Kosong di Banten
Pertama Kalinya, PNM Ikut Berangkatkan Ratusan Pemudik Gratis
Menteri Basuki: Jalur Nasional Siap Hadapi Mudik Lebaran 2019
Ini Pentingnya Asuransi Kendaraan Selama Mudik Lebaran

(mdk/idr)