Ridwan Kamil Beberkan Kendala Pembangunan Proyek Tol Cisumdawu

UANG | 24 Mei 2019 12:11 Reporter : Wilfridus Setu Embu

Merdeka.com - Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengungkapkan ada sejumlah kendala dalam pengerjaan proyek Tol Cisumdawu, salah satunya kendala dalam koordinasi antara pemerintah dan lembaga. Untuk itu, pemerintah dan stakeholder terkait akan berupaya mengakselerasi pembangunan tol tersebut.

"Memang banyak kendala, dan diamati sebenarnya lebih banyak masalah pada koordinasi. Kita akan rapat lagi dengan lengkap untuk memastikan siapa-siapa bertanggung jawab dan mengakselerasikan, sudah berlalu 22 tahun terlalu lambat kan kira-kira begitu," kata dia di Kemenko Maritim, Jakarta, Jumat (24/5).

Menurutnya, kehadiran Tol Cisumdawu sangat penting untuk menunjang pengembangan ekonomi dan serta keberlanjutan proyek-proyek infrastruktur yang selama ini sudah dilaksanakan.

"Sementara ujung Cisumdawu ini kan pengembangan Kertajati yang selalu jadi polemik ditambah juga pengembangan Rebana (KEK Rebana) di utara yang juga membutuhkan Cisumdawu," ungkapnya.

Persoalan lain yang harus diselesaikan yakni terkait pembebasan lahan di proyek seksi I yang memang melintasi kawasan permukiman warga. Ridwan juga memastikan bakal kembali berkoordinasi dengan pihak swasta yang nantinya mengelola Cisumdawu.

"Kemudian kita akan rapat ulang, memastikan kendala-kendala khususnya pembebasan tanah yang mengemuka dan juga mau bertanya ke swastanya. Swastanya yang mengelola yang dilihat kurang komit," jelas dia.

Dia mengatakan bahwa pihaknya akan bekerjasama dengan pemerintah pusat, khususnya Kementerian PUPR agar pengerjaan dapat berjalan lebih cepat. "Pemprov Jawa Barat kan tugasnya membantu kelancaran saja, ini kan proyek nasional berarti PUPR yang bertanggung jawab," tandasnya.

Baca juga:
Tim Tak Lengkap, Menko Luhut Tunda Pembahasan Tol Cisumdawu
Strategi Perum Damri Hadapi Sistem Satu Arah di Tol Trans Jawa saat Mudik 2019
Diskon Tarif Semua Ruas Jalan Tol Saat Mudik Lebaran Diumumkan Besok
Semua Ruas Tol Akan Diberikan Diskon Saat Mudik 2019
Strategi Polisi Atasi Macet di 2 Tol Semarang Saat Mudik
Antisipasi Kepadatan Pemudik di Tol, Pemerintah Siasati Waktu Pemberian Diskon Tarif

(mdk/azz)