Ridwan Kamil Minta Kepala Daerah Maksimalkan Sektor Pertanian

Ridwan Kamil Minta Kepala Daerah Maksimalkan Sektor Pertanian
UANG | 20 September 2020 17:30 Reporter : Dwi Aditya Putra

Merdeka.com - Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil meminta kepada seluruh kepala daerah dapat memaksimalkan sektor pertanian dan ketahanan pangan di lingkungan daerah masing-masing. Apalagi sektor tersebut menjadi salah satu yang mampu bertahan dibandingkan lainnya dari dampak pandemi Covid-19.

"Maka di masa depan kalau mau hidup dengan bisnis yang sifatnya tidak terpengaruh itu adalah ekonomi pangan di desa," kata dia dalam sebuah diskusi di Jakarta, Minggu (20/9).

Dia mengatakan, swasembada pangan sendiri saat ini menjadi fokus penting yang terus dilakukan di Jawa Barat. Pihaknya juga terus maksimalkan sektor pertanian dan ketahanan pangan dengan pemanfaatan teknologi digital.

Sebelumnya, Pemerintah Provinsi Jawa Barat mencatat bahwa sektor pangan dan pertanian merupakan zona ekonomi yang paling kuat bertahan dari dampak pandemi Covid-19. Sebaliknya, sektor jasa dan manufaktur menjadi zona yang paling terpukul.

Persentase penurunan pertumbuhan ekonomi untuk sektor pangan dan pertanian hanya 0,9 persen dari 4,1 persen. Sementara sektor jasa dan manufaktur mengalami penurunan dari 7,2 persen menjadi 2,4 persen.

Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil menilai data tersebut mengindikasikan bahwa pertanian adalah zona ekonomi yang paling tangguh terhadap interupsi Covid-19. Terlebih ada banyak faktor yang menjadi penguat.

Ditinjau dari sisi epidemiologi, virus corona mayoritas menyebar di perkotaan atau kawasan padat penduduk. Artinya, pertanian yang mayoritas tidak berada di perkotaan relatif lebih aman.

"Jauh dari kerumunan, jauh juga dari covid-19. Maka kota lebih banyak kasusnya dibandingkan kabupaten," kata dia melalui keterangan pers yang diterima, Sabtu (20/6). (mdk/azz)

Baca juga:
Di Pesta Rakyat Simpedes, Nur Agis Aulia Tunjukan Milenial Bisa Sukses Lewat Bertani
Genjot Produktivitas Pertanian, PUPR Bangun Irigasi Hingga Rumah Subsidi di Jabar
BUMN Berkolaborasi Bentuk Program Agro Solution untuk Tingkatkan Kesejahteraan Petani
Cara Petani Thailand Basmi Hama Pakai Bebek
Komisi IV DPR Setujui Anggaran Kementan 2021 Rp 21,83 Triliun
Komisi IV DPR Sentil Mentan Syahrul Soal Lumbung Pangan Kalteng

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami