Rupiah bergejolak, laba kotor Kimia Farma turun

Rupiah bergejolak, laba kotor Kimia Farma turun
kalbe farma. istimewa
EKONOMI | 8 Agustus 2014 20:27 Reporter : Nurul Julaikah

Merdeka.com - Dampak dari pelemahan nilai rupiah dan kenaikan harga bahan baku membuat laba kotor PT Kalbe Farma Tbk, menurun 0,9 persen dari 48,8 persen dari semester satu tahun lalu menjadi 47,9 persen. Sementara laba bersih tumbuh sebesar 7,7 persen dibandingkan periode yang sama tahun lalu.

Tahun lalu, rupiah terdepresiasi hingga akhir tahun sebesar Rp 12.500. "Posisi profitabilatas ada, tahun lalu 25 persen sampai rupiah level 12.500," ujar Sekretaris perusahaan PT Kalbe Farma Tbk, Vidjongtius di Jakarta, Jumat (8/8).

Pada semester pertama tahun ini, tercatat penjualan bersih sebesar 12,9 persen atau mencapai Rp 8,3 triliun dibandingkan  pada periode yang sama tahun sebelumnya yang mencapai Rp 7,4 triliun.

Dia mengakui penjualan produk non kalbe lebih rendah dari yang diharapkan. Perseroan pun merevisi target pertumbuhan penjualan dari sebesar 14 persen menjadi 11 persen. Tetapi, margin laba usaha tetap pada kisaran 16 persen, sementara laba bersih per saham tumbuh 11 persen.

Perseroan mengklaim, kondisi tersebut sejalan dengan pertumbuhan penjualan di luar dampak dark translasi kurs mata uang asing. "Penjualan terutama didukung oleh pertumbuhan volume, sementara kenaikan harga baru dilakukan pada akhir triwulan pertama 2014," katanya.

Dia menegaskan perseroan tetap mengalokasikan dana Rp 1 triliun hingga 1,2 triliun untuk peningkatan kapasitas produksi. Hingga semester ini, dana yang dipergunakan mencapai 60 persen untuk pembangunan pabrik susu di Cikarang dan Sukabumi. "Sisanya empat puluh persen untuk produksi perbaikan cabang-cabang baru, pembelian truk," kata dia.

Selain itu, perseroan mencatat, rasio pembagian deviden berkisar 40 sampai 50 persen dengan memperhatikan ketersediaan dana dan kebutuhan pendanaan internal. Tahun lalu, deviden dibagikan sebesar 42 persen dari laba bersih yang dibayarkan pada 2 Juli 2014. (mdk/arr)

TOPIK TERKAIT

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami