Rupiah Diprediksi Menguat Tipis ke Level Rp16.470 per USD

Rupiah Diprediksi Menguat Tipis ke Level Rp16.470 per USD
UANG | 3 April 2020 07:30 Reporter : Anggun P. Situmorang

Merdeka.com - Nilai tukar rupiah terhadap Dolar Amerika Serikat (USD) diprediksi akan menguat tipis ke posisi Rp16.470 pada perdagangan hari ini, Jumat (2/4).

Direktur PT TRFX Garuda Berjangka Ibrahim mengatakan, penguatan Rupiah sebagian besar disebabkan oleh eksternal terutama data pengangguran di Amerika Serikat yang akan kembali naik.

"Dalam perdagangan besok rupiah kemungkinan akan di buka menguat karena data eksternal terutama data pengangguran di AS yang akan kembali naik sehingga indeks dollar kembali melemah. Range Rp16.470 hingga Rp16.700," ujarnya di Jakarta.

Pasar ketakutan setelah briefing pers yang mengerikan dari Presiden AS Donald Trump. Di mana dia memperingatkan warga Amerika akan menyakitkan dua minggu ke depan dalam memerangi virus corona bahkan dengan langkah-langkah sosial dengan cara menjaga jarak.

"Para analis memperkirakan bahwa 3,5 juta orang Amerika lainnya mengajukan tunjangan pengangguran saat AS mengumumkan klaim pengangguran awal mingguannya hari ini," jelasnya.

1 dari 1 halaman

Pernyataan BI Bikin Rupiah Tersungkur

bikin rupiah tersungkur rev1

Pada perdagangan kemarin, Rupiah ditutup melemah karena pasar kecewa terhadap pernyataan Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo yang mengasumsikan bahwa rupiah bisa ke Rp17.500 atau Rp20.000 akibat pandemi virus corona yang saat ini terus bertambah di Indonesia.

"Walaupun sudah direvisi oleh Gubernur Bank Indonesia namun seyogyanya Pemerintah dan Bank Indonesia harus bisa mengayomi masyarakat sehingga tidak terjadi kepanikan yang berlebihan," jelasnya.

Pernyataan BI dianggap suatu kesalahan di mana pasar global sedang rentan dengan adanya tekanan yang cukup ekstrem baru-baru ini karena defisit neraca berjalan yang melebar, peringkat kredit yang rendah dan cadangan mata uang asing terbatas sehingga meningkatkan risiko pelarian modal yang cukup tajam. (mdk/idr)

Baca juga:
Kurs Rupiah Melemah ke Level Rp16.495 per USD
Gubernur BI: Kabar Nilai Tukar Rp20.000 per USD Jadi Sorotan Global
Bos BI Tegaskan Pembelian SBN dan SBSN di Pasar Primer Terpaksa Karena Corona
Walau Rupiah Melemah, BI Optimistis Pertumbuhan 2020 Tak Turun Lewati 2,3 Persen
Bank Indonesia Yakin Rupiah Bisa Menguat di Kisaran Rp15.000/USD Hingga Akhir 2020
Rupiah Melemah ke Level Rp16.450 Seiring Memburuknya Situasi Perekonomian

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Pariwisata Banyuwangi Bersiap Menyambut New Normal

5