Rupiah Ditutup Melemah, IHSG Melaju Kembali Masuk 5 Ribu

Rupiah Ditutup Melemah, IHSG Melaju Kembali Masuk 5 Ribu
UANG | 11 September 2020 16:36 Reporter : Anggun P. Situmorang

Merdeka.com - Nilai tukar Rupiah ditutup melemah tipis 35 poin dari yang sebelumnya 90 poin di level Rp14.890 dari penutupan sebelumnya di level Rp14.855 per USD. Selain itu, IHSG ditutup menguat 2,56 persen ke level 5.016,71. Nilai transaksi mencapai Rp 13,35 triliun. Net sell investor asing mencapai Rp 2,27 triliun.

Direktur PT TRFX Garuda Berjangka, Ibrahim, mengatakan pasar masih merespon negatif pernyataan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan tentang penerapan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) total mulai 14 September. Pengumuman tersebut memberikan efek kejut yang sangat dahsyat bahkan lebih dari Rp350 triliun dana asing yang ada di pasar finansial kembali ke luar pasar dan bisa saja perdagangan saat ini akan lebih parah lagi dana saing yang keluar.

"Kebijakan ini sangat bertentangan dengan semangat reformasi ekonomi yang saat ini sedang di dengung-dengungkan oleh pemerintah dan Bank Indonesia sehingga membuat strategi bauran kacau balau yang selama ini sudah berjalan bahkan akan mendapat hasil yang maksimal namun semua hancur lebur karena pernyataan Gubernur DKI Jakarta yang kurang populer tersebut," ujarnya, Jakarta, Jumat (11/9).

Baca Selanjutnya: Respons Pemerintah Dinanti...

Halaman

(mdk/bim)

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami