Rupiah Ditutup Melemah ke Level Rp14.542 per USD

Rupiah Ditutup Melemah ke Level Rp14.542 per USD
UANG | 29 Juli 2020 16:24 Reporter : Anggun P. Situmorang

Merdeka.com - Nilai tukar Rupiah terhadap Dolar Amerika Serikat (USD) ditutup melemah pada perdagangan hari ini, Rabu (29/7). Dalam perdagangan sore ini, Rupiah ditutup melemah tipis 7 poin dilevel Rp14.542 dari penutupan pasar sebelumnya di level Rp14.535 per USD.

Direktur PT TRFX Garuda Berjangka, Ibrahim mengatakan, pelemahan Rupiah dipicu oleh sentimen pasar yang saat ini tengah menantikan hasil rapat bulanan bank sental AS (The Federal Reserve) yang rencananya diumumkan Kamis dini hari waktu Indonesia.

"Kemungkinan suku bunga acuan AS bertahan di 0 hingga 0,25 persen adalah 100 pesen. Tidak ada ruang sama sekali untuk perubahan," ujarnya melalui riset harian.

Ibrahim mengatakan, tidak ada perubahan kebijakan yang diantisipasi pada pertemuan The Fed pada hari Rabu. Tetapi investor berharap untuk mendengar pandangan dan berspekulasi tentang perubahan penekanan dalam panduan ke depan.

"Satu pergeseran bisa menjadi penargetan inflasi rata-rata, yang akan melihat Fed bertujuan untuk mendorong inflasi di atas target 2 persen untuk menebus penembakan selama bertahun-tahun," kata Ibrahim.

Di sisi lain, kongres Amerika Serikat memiliki batas waktu hingga Jumat (31/7) untuk memperpanjang tunjangan pengangguran yang jatuh tempo akhir Juli ini. Sehingga butuh anggaran baru untuk memperpanjang tunjangan tersebut.

"Paket fiskal besar AS saat ini menemui jalan buntu dalam negosiasi antara Demokrat, yang telah mengajukan proposal USD 3 triliun, dan Partai Republik yang telah mengajukan rencana USD 1 triliun yang lebih sederhana juga dapat meningkatkan Dolar jika lolos," katanya.

Baca Selanjutnya: Kondisi Internal...

Halaman

(mdk/idr)

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami