Rupiah Ditutup Menguat Usai Pemerintah Tempatkan Dana Rp11,5 di BPD

Rupiah Ditutup Menguat Usai Pemerintah Tempatkan Dana Rp11,5 di BPD
UANG | 27 Juli 2020 16:17 Reporter : Anggun P. Situmorang

Merdeka.com - Nilai tukar Rupiah terhadap Dolar Amerika Serikat (USD) ditutup menguat 75 poin dilevel Rp14.535 dari penutupan sebelumnya. Penguatan tersebut dipicu sentimen positif pasar melihat upaya pemerintah meredam dampak Virus Corona.

Direktur PT TRFX Garuda Berjangka, Ibrahim mengatakan, penguatan salah satunya dipicu oleh kebijakan pemerintah pusat yang secara resmi telah menyiapkan dana Rp11,5 triliun kepada lima Bank Pembangunan Daerah (BPD).

"Adapun lima BPD tersebut yakni Bank DKI Jakarta, Bank Jawa Jawa Tengah, Bank Jabar dan Banten, dan Bank Jawa Timur dan Bank Sulawesi Utara dan Gorontalo," ujar Ibrahim di Jakarta, Senin (27/7).

Penempatan dana di BPD ini merupakan kelanjutan pemerintah pusat setelah sebelumnya telah menempatkan dana pada 4 Bank Himbara (BNI, Mandiri, BRI, dan BTN) sebesar Rp30 triliun, sesuai dengan PMK 70 Tahun 2020.

"Penempatan dana di BPD merupakan wujud komitmen pemerintah pusat untuk mendorong pemulihan kondisi ekonomi yang terdampak Covid-19," kata Ibrahim.

Baca Selanjutnya: Upaya Vaksin...

Halaman

(mdk/idr)

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami