Rusun cantik untuk pengrajin tenun

UANG | 15 Mei 2018 10:15 Reporter : Haris Kurniawan

Merdeka.com - Pemerintah terus menyediakan rumah susun sewa (Rusunawa) serta hunian layak untuk masyarakat berpenghasilan rendah (MBR), termasuk untuk anggota Polri, aparatur sipil negara (ASN), pondok pesantren hingga sekolah di seluruh wilayah Indonesia.

Rusunawa yang terbaru ialah kompleks Rusunawa dan Sentra Industri Tenun Songket di Nagari Tigo Jangko, Kabupaten Tanah Datar, Provinsi Sumatera Barat, yang baru saja diresmikan Ketua Dewan Kerajinan Nasional (Dekranas) RI Mufidah Jusuf Kalla didampingi Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono.

Pembangunan rusunawa ini mendapat apresiasi dari Mufidah Jusuf Kalla. Dirinya berterima kasih kepada Kementerian PUPR yang telah membangun Rusun untuk pengrajin tenun di Tanah Datar. Pembangunan sentra tenun tersebut berangkat dari perhatiannya terhadap keberadaan tenun di seluruh Indonesia yang memiliki potensi luar biasa, salah satunya adalah Sumbar. Rusun tersebut akan dimanfaatkan oleh para siswa pengrajin tenun yang belajar di sekolah tenun pada kawasan tersebut.

Sementara itu, dalam sambutannya, Basuki mengatakan, tujuan pembangunan rusunawa agar para pengrajin tenun lebih produktif dan nyaman dalam menjalani pendidikan tenun.

Kata dia, pembangunan Komplek Sentra Tenun Songket di Lintau Kabupaten Tanah Datar sesuai dengan perintah Presiden Republik Indonesia. Harapannya, agar rusunawa dapat dipergunakan dengan lebih optimal oleh pengrajin tenun.

"Ibu Mufidah sudah melihat kedalam tadi untuk mengecek, dan beliau merasa puas dengan kondisi yang ada. Rusun ini memiliki kamar tipe 24 yang di setiap kamarnya dilengkapi tempat tidur bertingkat, lemari, meja, kursi belajar dan kamar mandi di dalam," kata Basuki. (mdk/hrs)

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.