RUU Sektor Keuangan Dinilai Penting untuk Dorong Pertumbuhan Ekonomi

RUU Sektor Keuangan Dinilai Penting untuk Dorong Pertumbuhan Ekonomi
pertumbuhan ekonomi. ©2019 Merdeka.com/Imam Buhori
UANG | 19 April 2021 19:22 Reporter : Anggun P. Situmorang

Merdeka.com - Wakil Ketua Komisi XI Fathan menjelaskan, pentingnya Rancangan Undang-undang Sektor Keuangan dalam Prolegnas 2021. Menurutnya, rancangan ini timbul dengan melihat dan menimbang peran lembaga sistem keuangan ketika ada guncangan seperti pandemi Virus Corona.

Dia mencontohkan, awal terjadinya Virus Corona negara sangat kewalahan untuk menopang ekonomi serta keluar dari krisis. Saat itu, Bank Indonesia sebagai bank sentral belum maksimal dalam membantu Kementerian Keuangan untuk berbagi beban.

"Saya kira kalau kita flashback waktu pandemi, pemerintah panik antara Bank Indonesia, Menkeu, OJK, LPS mencari rumusan tanggungjawab. Waktu itu Bank Indonesia merasa ogah-ogahan ikut burden sharing," ujar Fathan dalam konferensi pers online, Jakarta, Senin (19/4).

Atas dasar pertimbangan tersebut, DPR kemudian menginginkan adanya reformasi keuangan. Agar seluruh stakeholder sektor keuangan bisa bahu membahu mendorong pertumbuhan ekonomi.

"Bagaimana reformasi keuangan timbul? Kita perlu memperkuat sektor keuangan sebagai langkah penyempurnaan regulasi, penataan kewenangan kelembagaan penguatan koordinsi dannkebojakan mekanisme penanganan permasalahan perbankan," jelas Fathan.

Kemudian kedua, mitigasi risiko akibat melambatnya pe terutama akibat pandemi Covid-19. Hal tersebut agar OJK, Bank Indonesia dan LPS ikut bersama pemerintah mendorong pertumbuhan ekonomi nasional.

Ketiga, penguatan jaring pengaman sistem keuangan untuk membangun efektivitas dan efisiensi dalam mekanisme penanganan persoalan perbankan untuk menjaga kepercayaan masyarakat agar stabilitas keuangan terjamin.

"Ini menarik karena sempat ada beberapa perbankan dalam kondisi sulit. Tentu saya kira ini perlu kita diskusikan bersama, bagaimana solusi untuk mendorong pertumbuhan ekonomi Indonesia," tandas Fathan. (mdk/azz)

Baca juga:
Selama Pandemi, Perekonomian Pedesaan Tetap Tumbuh Baik
Bonus Demografi Indonesia Bakal Habis 2038
Bangun Infrastruktur dan Manusia, Menteri Erick Yakin Ekonomi RI Bisa Tumbuh 7 Persen
Ini Syarat Ekonomi RI 2021 Bisa Tumbuh 5,3 Persen
10 Strategi Kemenperin Kejar Target RI Masuk 10 Ekonomi Terbesar Dunia di 2030
Indonesia Komitmen Jaga Keseimbangan Lingkungan dan Pembangunan Ekonomi

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami