Saham Tesla Meroket, Kekayaan Elon Musk Naik Menjadi Rp 1.410 Triliun

Saham Tesla Meroket, Kekayaan Elon Musk Naik Menjadi Rp 1.410 Triliun
UANG | 28 Agustus 2020 06:00 Reporter : Merdeka

Merdeka.com - Kekayaan CEO perusahaan mobil Tesla, Elon Musk meningkat menjadi USD 96 miliar atau Rp 1.410 triliun. Kenaikan ini terjadi setelah saham Tesla mengalami kenaikan luar biasa.

Sebelumnya, Musk sudah menjadi orang terkaya keempat di dunia setelah dia mengumpulkan USD8 miliar ke kekayaan bersihnya ketika saham Tesla melonjak ke level tertinggi sepanjang masa. Musk naik dari posisi kelima mengalahkan miliarder Prancis dan CEO merek mewah Louis Vuitton, Bernard Arnault.

CEO Tesla tersebut tidak menerima gaji tetap, tetapi pada tahun 2018 Musk memiliki hak saham 20,3 juta opsi saham yang dibayarkan dalam 12 tahap. Berkat kenaikan luar biasa di saham Tesla, Musk telah memenuhi syarat di atas kertas masing-masing bernilai sekitar USD 2,8 miliar atau Rp 41 triliun setelah dia membayar harga pelaksanaan. Beberapa minggu pembayaran ketiga akan dia dapatkan dengan porsi yang sama.

Dilansir dari CNN, meskipun saham Tesla kehilangan hampir setengah dari nilainya saat ini selama bulan depan, perusahaan masih akan memiliki rata-rata enam bulan USD 200 miliar atau lebih.

Ukuran keuntungan Tesla jika dikatakan sukses, harus mencapai USD 4,5 miliar atau Rp 66 triliun selama periode 12 bulan. Tesla hampir mencapai itu selama 12 bulan yang berakhir pada Juni lalu, ketika memperoleh USD 4,4 miliar atau Rp 64 triliun. Perkiraan kuartal-III bisa mendapatkan tambahan keuntungan senilai USD 1,4 miliar atau Rp 20 triliun, naik sekitar sepertiga dibandingkan tahun lalu.

Saham Tesla yang dimiliki Musk saat ini sejumlah 34 juta lembar saham, setara dengan 18 persen saham perusahaan, yang nilainya USD 68 miliar atau Rp 999 triliun.

Tesla akan mengeksekusi pemecahan saham menjadi lima. Meskipun pemisahan itu akan mengubah jumlah total saham dan opsi yang dimiliki beredar, itu tidak akan mengubah nilai kepemilikan Musk.

Baca Selanjutnya: Kembali Jadi Orang Kaya Kelima...

Halaman

(mdk/azz)

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami