Saingi Produk Asing, UMKM Diminta Tingkatkan Standar Produk

UANG | 22 Januari 2020 11:57 Reporter : Merdeka

Merdeka.com - Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki, mengatakan pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) harus bisa menguasai pasar dalam negeri. Untuk itu, dia meminta agar pelaku UMKM meningkatkan standar produknya, agar mampu bersaing dengan produk asing.

Dia menjelaskan, pihaknya akan memberikan kemudahan bagi pelaku UMKM untuk melakukan ekspor, seperti pendampingan, perbaikan kualitas produk UMKM agar bisa bersaing.

"Standarnya itu harus langsung di upgrade standarnya itu ke pasar global. Jadi penting perbaikan kewirausahaannya mulai dari skala bisnisnya termasuk daya saing produk," kata Teten dalam Acara UMKM naik kelas di Tahun 2020, di Kementerian Koperasi dan UKM, Jakarta, Rabu (22/1).

Menurutnya, jumlah wirausaha di Indonesia masih rendah jika dibandingkan negara-negara lainnya. Di mana indeks wirausaha di negara maju minimum 2 persen, namun di Indonesia baru 1 persen.

"Karena itu memang Pak presiden, menugasi saya untuk mendorong UMKM naik kelas," ungkapnya.

Oleh karena itu presiden, juga sudah memberikan kesempatan bagi pelaku UMKM ikut berpartisipasi, dalam pembangunan infrastruktur pemerintah, pengadaan pemerintah. "Nah ini yang sekarang kita mau coba terjemahkan, bagaimana pelaku usaha kecil dan menengah itu naik kelas, omsetnya naik yang tadinya tidak bisa ekspor menjadi bisa ekspor," pungkasnya.

Reporter: Tira Santia

Sumber: Liputan6.com (mdk/azz)

Baca juga:
Dorong UMKM Naik Kelas, Plafon KUR Mikro Naik Dari Rp25 Juta Jadi Rp50 Juta
Jika Subsidi Elpiji 3 Kg Dicabut, Menteri Teten Bakal Sebar Voucher UMKM
Demi UMKM, Bunga KUR Turun Dari 24 Persen di 2014 dan Kini Hanya 6 Persen
Jokowi Minta Infrastruktur Penunjang Wisata Labuan Bajo Rampung Tahun Ini
Perlambatan Kredit UMKM
Pemerintah Komitmen Kembangkan UMKM di Kawasan Pariwisata

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.