Sambangi DPR, bos BI laporkan cadangan devisa saat ini terbaik sepanjang sejarah

UANG | 28 Agustus 2017 20:20 Reporter : Wilfridus Setu Embu

Merdeka.com - Bank Indonesia (BI) menyampaikan Rencana Anggaran Tahunan Bank Indonesia (ATBI) Anggaran Operasional Tahun 2018 kepada Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR-RI). Dalam kunjungan ini, Gubernur BI Agus Martowardojo juga melaporkan kondisi ekonomi terkini.

Mantan menteri keuangan tersebut mengatakan kondisi perekonomian Indonesia saat ini menurut dia makin membaik. Salah satu indikatornya ialah posisi cadangan devisa yang diklaim terbaik sepanjang sejarah.

"Cadangan devisa kita terbaik sepanjang sejarah yaitu USD 127,8 miliar," ungkap Gubernur BI Agus Martowardojo di Gedung Nusantara III, Senayan, Jakarta Pusat, Senin (28/8).

Selain itu, pertumbuhan ekonomi 5,01 persen juga dinilai dalam kondisi baik. "Kita kendalikan inflasi dengan baik. Neraca pembayaran dalam kondisi tahun surplus USD 12 miliar, tahun ini kita perkirakan USD 7 miliar. Kinerja Rupiah juga baik, masih apresiasi," kata Agus.

Dia menambahkan Rencana ATBI Operasional Tahun 2018 disusun sebagai perwujudan komitmen Bank Indonesia untuk senantiasa mengedepankan transparansi, akuntabilitas dan governance dalam menjalankan tugas dan wewenang guna mencapai tujuan yang diamanatkan.

"Kita harapkan rancangan anggaran ini dibahas dan disetujui akan membuat bank Indonesia dapat bekerja dengan baik dan menjalankan fungsi dengan baik," pungkasnya. (mdk/bim)

Baca juga:

Bos BI perkirakan bunga kredit bank turun di awal 2018

BI bentuk satgas antisipasi dampak gangguan satelit Telkom

Target 75 persen di 2019, inklusi keuangan diklaim 60 persen per 2017

Kuartal IV, Bank Indonesia keluarkan aturan main fintech

Bos BEI sebut penurunan suku bunga BI bikin pasar modal lebih menarik

BI yakin daya beli masyarakat terus naik seiring turunnya suku bunga acuan

BI target pertumbuhan kredit perbankan 9 persen di 2017

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.