Sandiaga Uno Optimis Teknologi Dorong Perubahan Kualitas di Indonesia 2021

Sandiaga Uno Optimis Teknologi Dorong Perubahan Kualitas di Indonesia 2021
Main Kano Hingga Nge-Vlog, Ini Keseruan Sandiaga Uno Saat Kunjungi Danau Toba. Instagram/@kemenparekraf.id ©2020 Merdeka.com
EKONOMI | 15 Januari 2021 15:28 Reporter : Angga Yudha Pratomo

Merdeka.com - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno menilai cepatnya perkembangan teknologi informasi berperan besar menghadapi tantangan Indonesia di masa depan. Penerapan tersebut bahkan menjadi kunci dalam adaptasi new normal, termasuk pascapandemi Covid-19 nanti.

"Berkat kehidupan online dan digital kita yang semakin meningkat, segala sesuatunya akan terjadi lebih cepat sekarang, dengan kebutuhan sebagai kekuatan pendorong," jelas Sandiaga dalam diskusi virtual bertajuk 'How Technology Is Driving Changes In Indonesia In 2021' yang digelar Sandilogi bersama Bhumi Varta Technology (BVT) pada Kamis (14/1).

Peralihan bekerja dari rumah dan aturan baru tentang bagaimana berinteraksi di ruang publik, semakin menguatkan tren teknologi akibat adanya perubahan. Dalam diskusi dihadiri Founder BVT Martyn Terpilowski dan Chief Executive BVT, Julian Gafar, itu menparekraf menegaskan bahwa diperlukan inovasi demi memperbaikan ekonomi pada tahun 2021.

"Teknologi akan membuat pekerjaan menjadi berkualitas," ungkap dia.

Merujuk arah kebijakan dan strategi pengembangan ekonomi digital pada tahun 2020-2024, kata Sandiaga, terdapat sebanyak 992 startup atau pengusaha lokal pemula selama periode tahun 2018 hingga 2019.

Oleh karena itu, evolusi teknologi dari perspektif bisnis pada tahun 2021 difokuskan pada bisnis swasta untuk kembali meningkatkan investasi teknologi.

2 dari 2 halaman

Selain itu, dana Venture Capital (VC) dan Private Equity (PE) yang masih memiliki uang untuk dibelanjakan, entitas asing yang ingin menjadi bagian.

Selanjutnya, peningkatan pengeluaran untuk menciptakan persaingan yang meningkat antar pemain dan pentingnya perbedaan data terbaik antara menang dan kalah.

Menurut Sandiaga, beragam peluang tadi diyakini bakal berdampak positif bagi Indonesia di tahun 2021. Ini dikarenakan teknologi dapat membawa kemajuan besar bagi demografi Indonesia. Sehingga menghadirkan populasi kelas menengah yang semakin terdidik.

"Harapannya, teknologi dapat menjadi fokus bisnis pada 2021 untuk terus melakukan inovasi dan membangun Indonesia lebih baik," jelas Sandi. "Teknologi harus terbuka untuk transformasi," kata dia menambahkan. (mdk/ang)

Baca juga:
Sandiaga Uno Siapkan Tiga Strategi Tarik Wisatawan Masuk RI
Rapat Perdana di DPR, Sandiaga Uno Beberkan 4 Tugas Penting dari Jokowi
Gaya Menparekraf Sandiaga Uno Rapat Perdana dengan DPR RI
Sandiaga Uno Kenang Momen Terakhir Bertemu Syekh Ali Jaber
9 Potret Ruangan Markas Besar TNI AD Jarang Tersorot, Sampai Sandiaga Uno Kagum
Menparekraf Sandiaga Siapkan Hotel untuk Isolasi Mandiri Selama Masa PPKM Jawa-Bali
Potret Kantor Prabowo Subianto, Penuh Potret Lawas Mantan Menhan Sejak Ir Soekarno
Kunker Pertama Menparekraf, Lokasi Duduk Sandiaga Uno di Mobil & Pesawat Jadi Sorotan
Rencana Travel Bubble Sandiaga Untuk Pulihkan Pariwisata Bali
Sandiaga Uno Prediksi Indonesia Bakal Kedatangan 7 Juta Turis Selama Tahun 2021

Baca berita pilihan dari Merdeka.com

Mari bergabung di Grup Telegram

Merdekacom News Update

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Opini