Saran Miliarder Richard Branson untuk Anda yang Masih Ragu untuk Meraih Kesuksesan

Saran Miliarder Richard Branson untuk Anda yang Masih Ragu untuk Meraih Kesuksesan
Richard Branson. ©blogspot.com
EKONOMI | 30 Juli 2021 06:00 Reporter : Siti Nur Azzura

Merdeka.com - Setiap orang pasti memiliki keraguan dalam mencapai sesuatu, salah satunya ragu untuk meraih kesuksesan. Meski demikian tak semua orang bisa mengontrol rasa ragunya, sehingga berimbas pada karirnya.

Pendiri Virgin Group, Richard Branson mengatakan, meskipun manusiawi untuk memiliki sedikit keraguan, namun penting untuk tidak membiarkan ketakutan ini menghalangi mengejar mimpi.

"Apa yang saya pelajari sepanjang hidup saya adalah bahwa setiap kesuksesan dibangun di atas seribu kegagalan (atau 'kesempatan untuk belajar,' seperti yang saya pikirkan tentang mereka). Setiap kali keraguan muncul, saya mengingatkan diri sendiri bahwa mimpi tidak linier," kata Branson dilansir CNBC Make It.

Branson mengatakan bahwa dia juga mencoba untuk mengingatkan dirinya sendiri tentang semua inovasi dan penemuan brilian yang tidak akan berarti apa-apa jika penemunya menyerah pada keraguan mereka. Dia mengutip kutipan dari filsuf Suzy Kazeem: "Keraguan membunuh lebih banyak mimpi daripada kegagalan."

Menurutnya, penting untuk mendiskusikan keraguan diri dengan kolega dan teman, dan mendengarkan dengan seksama umpan balik mereka. Jika percakapan ini membuat Anda merasa lebih percaya diri, Branson mendesak pembaca untuk menyingkirkan keraguan.

Dia juga merekomendasikan pergi keluar untuk menghirup udara segar, dan minum teh jika keraguan diri benar-benar mulai muncul. Branson mengakui, setiap keraguan mulai menguasainya, dia akan berolahraga seperti bersepeda, bermain tenis, atau menghabiskan waktu bersama keluarga.

"Ini sering kali ketika ide-ide terbaik saya datang kepada saya juga," katanya.

Baca Selanjutnya: Meski begitu dia menilai keraguan...

Halaman

(mdk/azz)

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami