Sarinah Bakal Ekspansi Bisnis di Ibu Kota Baru

UANG | 27 Agustus 2019 14:16 Reporter : Merdeka

Merdeka.com - Pemerintah telah memutuskan untuk memindahkan ibu kota dari Jakarta ke Kalimantan Timur, tepatnya sebagian di Kabupaten Penajam Paser Utara dan sebagian lagi di Kabupaten Kutai Kartanegara. Rencana ini pun mengundang banyak pengusaha untuk berinvestasi di sana.

Direktur Utama PT Sarinah (Persero) Gusti Ngurah Putu Sugiarta Yasa mengatakan, pihaknya juga tertarik untuk berkontribusi dalam pembangunan ibu kota baru.

"Kami memang berencana ekspansi ke sana. Kalau memang benar (ibu kota pindah ke Kalimantan Timur), ya, kami juga ingin hadir dan berkontribusi di sana," tuturnya usai acara Ngopi BUMN di Jakarta, Selasa (27/8).

Direktur Ritel Sarinah Lies Permana Lestari menambahkan, keputusan Sarinah untuk ekspansi ke Kalimantan memang sudah direncanakan satu tahun sebelum isu ibu kota pindah mencuat. "Kami memang akan buka outlet di Bandara Sepinggan, Balikpapan, sebelum isu ibu kota pindah ada. Sudah penjajakan dengan Angkasa Pura 2," ujar Lies.

Nantinya, gerai Sarinah di Bandara Sepinggan akan fokus menjual banyak kerajinan dan furniture. Alasan memilih bandara sebagai lapak tidak lain karena akses utama wisatawan mancanegara (wisman) adalah lewat bandara.

"Entrace wisman itu kan di airport, ya, jadi sekaligus kita mengenalkan juga produk-produk Indonesia ke mereka," tambah Ngurah.

Ditambah lagi, kontribusi outlet bandara terhadap kinerja keuangan perseroan secara keseluruhan bisa diatas 50 persen. Oleh karenanya, Ngurah ingin agar outlet di bandara terus dikembangkan sekaligus sebagai media branding Sarinah.

Hingga saat ini, Sarinah telah memiliki 19 gerai di Indonesia, di mana 7 di antaranya merupakan gerai di bandara-bandara.

Reporter: Athika Rahma

Sumber: Liputan6.com (mdk/azz)

Baca juga:
Ibu Kota Pindah, Kemacetan Jakarta Berkurang Tetapi Tidak Hilang
Pemerintah Masih Kaji Skema Investasi Swasta di Ibu Kota Baru
UU dan Pembebasan Lahan Jadi PR Utama Pemerintah dalam Pembangunan Ibu Kota Baru
MenPAN-RB Sebut ASN akan Diberikan Hunian di Ibu Kota Baru
Ibu Kota Pindah, Gedung Pemerintahan di Jakarta Disulap Jadi Lahan Bisnis
Menolak Dipindah ke Ibu Kota Baru, PNS Bakal Disanksi?

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.