Satgas Pangan Tangani 19 Kasus Penimbunan Bahan Pangan

Satgas Pangan Tangani 19 Kasus Penimbunan Bahan Pangan
UANG | 26 Mei 2020 11:21 Reporter : Merdeka

Merdeka.com - Tindak Pidana Ekonomi Khusus (Tipideksus) Bareskrim Polri, Kombes Winarto mengatakan, Satuan Tugas (Satgas) Pangan Polri telah melakukan penegakan hukum terhadap 19 kasus penimbunan bahan pangan di beberapa wilayah.

"Sehingga akan kita selalu peringatkan baik itu pelaku usaha maupun masyarakat yang berkecimpung dalam hal itu," kata Winarto, saat mendampingi Menteri Perdagangan Agus suparmanto melakukan operasi pasar di Pasar Jatinegara, Selasa (26/5).

Dia menjelaskan, Satgas pangan akan selalu melakukan pengawalan, baik itu mengenai ketersediaan pendistribusian, maupun lainnya akan dikoordinasikan dengan stakeholder terkait. "Saat ini Kami selalu melakukan pemantauan dengan pusat pada saat Satgas daerah yang melakukan hal sama pada pendistribusian gula ini, memang ada beberapa hal yang sudah kita tangani mengenai perkara hukum," ungkapnya.

Untuk itu, dia selalu memperingatkan agar tak ada yang melakukan penimbunan, permainan harga yang sangat tinggi, dan lain sebagainya. "Kalau ada yang ditemukan maka kita akan mengingatkan kalau masih berlanjut kita akan ditindaklanjuti," tandasnya.

Sebelumnya, Menteri Perdagangan Agus Suparmanto meminta masyarakat melapor ke Satgas Pangan jika menemukan harga sembako di jual dengan harga di atas normal. Mengingat, masih banyak pedagang yang menjual harga gula di atas Harga Eceran Tertinggi (HET).

"Di produsen harganya sudah di bawah Rp12 ribu. Kalau ada gap harga terlalu jauh, pedagang dan konsumen yang dirugikan," kata Agus saat melakukan operasi pasar gula pasir di Pasar Bogor, Minggu (17/5).

Reporter: Tira Santia

Sumber: Liputan6.com (mdk/azz)

Baca juga:
H+2 Lebaran, Harga Gula pasir Mulai Stabil di Rp 12.500 per Kg
Impor Bawang Merah Tak Mampu Turunkan Harga yang Meroket
Lebaran 2020, Harga Kelapa Parut Naik 4 Kali Lipat Jadi Rp25.000 per Buah
H-1 Lebaran, Kemendag Gelar Operasi Pasar di Tiga Lokasi
Jelang Lebaran, Harga Telur Ayam di Tangsel Normal
Tak Main-Main, Budi Waseso Tindak Tegas Oknum Diskreditkan Kualitas Beras Bulog

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Agama Sejatinya Tidak Menyulitkan Umatnya - MERDEKA BICARA with Menteri Agama Fachrul Razi

5