SBSN Telah Biayai 700 Proyek Senilai Rp138,3 Triliun Selama 7 Tahun

SBSN Telah Biayai 700 Proyek Senilai Rp138,3 Triliun Selama 7 Tahun
Proyek LRT Jabodebek. ©Liputan6.com/Faizal Fanani
UANG | 20 Januari 2021 11:48 Reporter : Merdeka

Merdeka.com - Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN/Bappenas) mencatat, penerbitan Surat Berharga Syariah Negara (SBSN) selama 7 tahun terakhir, atau pada rentang waktu 2013-2020 telah membiayai lebih dari 700 proyek infrastruktur senilai Rp138,35 triliun.

"Hingga tahun 2020 terdapat lebih dari 700 proyek yang sudah dibiayai oleh penerbitan SBSN dengan total Rp138,35 triliun," kata Deputi Bidang Sarana & Prasarana Kementerian PPN/Bappenas J Rizal Primana dalam sesi teleconference, Rabu (20/1).

Rizal mengatakan, pemerintah melihat melihat bahwa pelaksanaan proyek SBSN pada beberapa kementerian/lembaga saat ini dinilai baik. Dengan indikator seperti pelaksanaan proyek yang tepat waktu dengan output konkret, dan manfaatnya dapat langsung dirasakan oleh masyarakat.

Namun, pada beberapa kementerian/lembaga perkembangan proyek SBSN masih perlu diperkuat. Itu lantaran pengerjaan proyek tersebut belum diimbangi dengan kinerja yang optimal.

"Pada 3 tahun terakhir masih terdapat peluncuran anggaran proyek yang cukup besar pada kementerian/lembaga dengan nilai sebesar Rp5,2 triliun. Nilai peluncuran ini tentunya akan memberatkan instansi dalam pelaksanaan dan mempengaruhi kinerja kementerian/lembaga pada tahun berikutnya," tuturnya.

Menurut catatannya, sejumlah proyek SBSN masih menunjukan adanya beberapa kendala pada aspek perencanaan, pengadaan dan penganggaran proyek. Sehingga diperlukan penguatan di masing-masing kementerian/lembaga dalam pengelolaan proyek.

Seperti mengatur waktu pelaksanaan yang realistis, menajamkan kesiapan pelaksanaan, serta mengendalikan pelaksanaan di daerah termasuk penyelesaian masalah.

"Untuk itu perlu dilakukan perbaikan dalam proses pelaksanaan proyek SBSN serta menyusun rencana kebutuhan dalam jangka yang lebih panjang," imbuh Rizal.

Reporter: Maulandy Rizky Bayu Kencana

Sumber: Liputan6.com (mdk/azz)

Baca juga:
Sri Mulyani Ungkap Keuntungan Skema Pembiayaan Infrastruktur SBSN
Sri Mulyani: Kementerian Lembaga Ikut Skema SBSN Makin Banyak
Pengusaha Sebut Urus Izin Andalalin Kerap Jadi Momok Mengerikan
Urus Izin Andalalin Lebih Mudah dengan Si Andalan
Pembiayaan Infrastruktur SBSN 2021 Capai Rp27,57 T, Ini Rinciannya
Imbas Pandemi, Pembiayaan Proyek SBSN Menyusut Jadi Rp23,29 Triliun di 2020

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami