Sediakan Infrastruktur PLTS Atap, Pemprov Ajak Vendor Buka Kantor di Jateng

Sediakan Infrastruktur PLTS Atap, Pemprov Ajak Vendor Buka Kantor di Jateng
PLTS. energytoday.com
EKONOMI | 16 Februari 2021 14:59 Reporter : Anisyah Al Faqir

Merdeka.com - Pemerintah Provinsi Jawa Tengah menargetkan penggunaan Energi Baru Terbarukan (EBT) di Jawa Tengah pada tahun 2025 mencapai 21,32 persen. Salah satu energi yang berpotensi dan tengah dikembangkan yakni Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) Atap.

Kepala Dinas Energi Sumber Daya dan Mineral (ESDM) Provinsi Jawa Tengah, Sujarwanto Dwiatmoko mengatakan, belum banyak vendor penyedia infrastruktur PLTS Atap yang berkantor di Jawa Tengah. Padahal, Jawa Tengah sangat berpotensi dalam penggunaan PLTS Atap.

"Di Jawa Tengah ini sebenarnya belum banyak para vendor yang hadir. Jadi kapan mau buka kantor di Jawa Tengah, tenanan loh serius kalau buka di sini," ungkap Sujarwanto dalam Webinar Central Java Solar Day, Jakarta, Selasa (16/2).

Dia menjelaskan, selama ini pemasangan PLTS Atap di Jawa Tengah masih dirasa kurang maksimal, sebab semua perlengkapan infrastruktur selalu menunggu dari Jakarta. Walaupun pengiriman peralatan masih relatif cepat karena didukung infrastruktur yang ada, namun tetap dirasa belum maksimal. Kehadiran kantor cabang menurutnya bisa lebih meyakinkan masyarakat untuk terlibat dalam penggunaan PLTS Atap.

"Jadi kalau orang mau pasang ini enggak harus nunggu barang dari Jakarta, Meski sekarang sudah cepat tapi konsumen akan lebih yakin kalau ada office-nya di sini," kata dia.

Saat ini, baru beberapa vendor PLTS Atap lokal, namun penawaran yang diberikan terbilang masih tinggi bagi masyarakat awam. Padahal bila dilakukan kalkulasi dalam jangka panjang, penggunaan PLTS Atap justru menghemat biaya penggunaan listrik. Dalam beberapa tahun terakhir pun, Sujarwanto telah memasang PLTS Atap di rumahnya. Secara kalkulasi, dia bisa menghemat biaya listrik di rumah sampai 25 persen.

"Di rumah pribadi saya juga sudah dipasang dan bisa menghemat biaya bulanan sampai 25 persen," tandasnya. (mdk/azz)

Baca juga:
Jateng Bangun PLTS Atap Bantu UMKM Bangkit Saat Pandemi Covid-19
Potret Perkembangan PLTS di Masyarakat Jawa Tengah
Daerah Terpencil di Jawa Tengah Jadi Sasaran Pengembangan PLTS
Percepat Target Bauran EBT, Pemerintah Bakal Evaluasi Aturan PLTS Atap
Demi Panen Listrik Gratis, Pemprov Jateng Kembangkan PLTS Atap
Pemanfaatan PLTS Dinilai Percepat Target Bauran Energi Terbarukan 23 Persen

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami