Selain dirjen pajak, kursi kepala BKF & staf ahli juga dilelang

UANG | 11 November 2014 20:05 Reporter : Alwan Ridha Ramdani

Merdeka.com - Besok, Rabu (12/11), Kementerian Keuangan bakal mengumumkan secara resmi seleksi terbuka atau lelang jabatan untuk beberapa posisi strategis di Kementerian Keuangan. Ternyata tidak hanya jabatan Direktur Jenderal Pajak saja yang dilelang, tapi juga jabatan Kepala badan Kebijakan Fiskal (BKF) dan dua kursi Staf Ahli.

"Besok diumumkan di web Kemenkeu, di sana syaratnya tercantum secara detail," kata Wakil Menteri Keuangan Mardiasmo di kantornya, Selasa (11/11).

Dia menargetkan, proses lelang jabatan rampung pada Desember 2014. Untuk pertama kalinya dalam sejarah republik ini, pemerintah membuka lowongan untuk mengisi kursi eselon I di Kementerian Keuangan itu. Sebab, Fuad Rahmany yang saat ini masih menjabat Dirjen Pajak akan memasuki masa pensiun bulan depan.

"Pak Fuad kan jabatannya habis 1 Desember dan itu beberapa hari lagi kan. Kita mau mencari pengganti Pak Fuad," ujar Sekretaris Menteri Keuangan Kiagus Badarudin kepada merdeka.com, Senin (10/11).

Kiagus lebih memilih menggunakan kata pemilihan terbuka daripada sistem lelang jabatan. Orang yang akan duduk di kursi orang nomor satu di institusi pengumpul pajak tersebut tidak lagi hasil penunjukan. PNS kementerian keuangan maupun pegawai pajak diperbolehkan ikut mendaftar.

"Mungkin lebih soft ini mekanisme terbuka. Sedikit terbuka lah. PNS Kemenkeu dan PNS pajak bisa mendaftar," ucapnya. (mdk/noe)

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.