Selama 2 Tahun, AFPI Gelontorkan Pinjaman Hingga Rp33 Triliun

UANG | 16 Mei 2019 16:05 Reporter : Dwi Aditya Putra

Merdeka.com - Asosiasi Fintech Pendanaan Bersama Indonesia (AFPI) mencatat hingga per Maret 2109, total pendanaan penyaluran telah mencapai sebanyak Rp33 triliun. Angka tersebut diakumulasi selama dua tahun dari 113 anggota fintech tergabung di AFPI.

"Pembiayaan yang sudah tersalurkan Maret Rp33 triliun total distribusi di industri ini dari penyelenggaraan kita yang 113 perusahaan ini," kata Ketua Harian AFPI, Kuseryansyah saat ditemui di Jakarta, Kamis (16/5).

Dia mengatakan, jumlah penyaluran tersebut merupakan suatu pencapaian yang positif. Sebab, selama 2019 ini industri pinjaman online sendiri telah tumbuh sebesar 50 persen secara year to date.

Berdasarkan data OJK, hingga kini terdapat 113 penyelenggara Fintech Lending yang berstatus terdaftar di OJK, dan lima di antaranya sudah berstatus berizin.

Kelima P2P lending yang telah mendapatkan izin tersebut adalah PT Pasar Dana Pinjaman (Danamas), PT Investree Radhika Jaya (Investree), PT Amartha Mikro Fintek (Amartha), PT Indo Fint Tek (Dompet Kilat), dan PT Creative Mobile Adventure (Kimo).

Menurutnya, kehadiran AFPI ini juga sebagai wadah bagi seluruh penyelenggara Fintech Lending dan menjadi mitra strategis OJK dalam menjalankan fungsi peraturan dan pengawasan para penyelenggara Fintech Lending sesuai dengan penunjukan OJK No.5-5/D.OS/IKNB/2019

"Kehadiran AFPI akan mendukung program pemerintah meningkatkan inklusi keuangan masyarakat, serta mengisi kebutuhan kredit masyarakat khususnya UMKM dan yang belum terlayani jasa keuangan konvensional," tuturnya.

Baca juga:
Masyarakat Makin Ramai Pinjam Uang Lewat Fintech Jelang Lebaran
Lika Liku Investree Hingga Dapatkan Izin Usaha Fintech dari OJK
Bisnis Penjualan Pulsa Diyakini Masih Akan Terus Tumbuh
AFPI Apresiasi 4 Fintech yang Peroleh Izin Usaha Dari OJK
Per Hari Ini, Fintech Amartha Salurkan Pembiayaan Hingga Rp1 Triliun
Platform Fintech Do-It Dorong UMKM Masuk ke Ekosistem Digital

(mdk/azz)