Selamatkan Bisnis, Boeing PHK 6.770 Karyawan Pekan Ini

Selamatkan Bisnis, Boeing PHK 6.770 Karyawan Pekan Ini
UANG | 29 Mei 2020 07:00 Reporter : Sulaeman

Merdeka.com - Perusahaan Boeing mengonfirmasi akan melakukan pemutusan hubungan kerja (PHK) terhadap 6.770 pekerja di pekan ini. Keputusan diambil untuk menyelamatkan kelangsungan bisnis setelah perusahaan mengalami kerugian akibat berkurangnya pesanan pesawat di tengah pandemi covid-19.

"Kami sampai pada saat yang tidak menguntungkan, karena harus mulai melakukan PHK secara sukarela," kata CEO Boeing Dave Calhoun, seperti dikutip CNN Money di Jakarta.

Namun, Boeing memberikan kesempatan kepada sebagian para pekerja yang di PHK agar tetap bekerja sampai akhir Juli 2020.

PHK sendiri bagian dari rencana Boeing untuk mengurangi jumlah karyawan sebesar 10 persen dari total karyawan sebanyak 160.000 orang. Imbasnya selama beberapa bulan ke depan perusahaan akan secara bertahap memberlakukan PHK.

Boeing telah mengalami penundaan dan pembatalan perintah yang sudah ada untuk pesawat karena sebagian besar pesawat di seluruh dunia telah dibatalkan karena jatuhnya pesawat dalam perjalanan udara. Kedua pembuat pesawat telah memangkas rencana produksi setidaknya selama beberapa tahun ke depan.

"Perusahaan harus terus menyesuaikan rencana bisnis, sampai pandemi covid-19 berhenti. Tapi dengan cara yang masih sulit diprediksi" jelas Calhoun.

1 dari 1 halaman

Peningkatan Layanan

rev1

Meski begitu, beberapa maskapai baru-baru ini melaporkan isyarat peningkatan layanan penerbangan transportasi udara. Walaupun dalam proses recovery akan memakan waktu sampai beberapa tahun untuk kembali seperti sediakala.

Bahkan, rival Boeing yakni, Airbus pun telah melakukan PHK terhadap 6.000 karyawan di benua Eropa pada April 2020. Namun, Airbus dilaporkan belum mengonfirmasi lebih lanjut soal kemungkinan PHK di masa selanjutnya. (mdk/idr)

Baca juga:
Melihat Uji Coba Penerbangan Perdana Boeing 777X Terbaru
Terungkap, Pegawai Boeing Ejek Lion Air 'Idiot' karena Minta Pelatihan 737 Max
Kejanggalan di Balik Jatuhnya Pesawat Boeing Ukraina yang Tewaskan 176 Penumpang
Boeing Pecat Dennis Muilenburg dari Kursi CEO Sebab Krisis 737 Max Tak Kunjung Usai
Ini Kerusakan 2 Pesawat Boeing 737-NG Milik Lion Air
Tak Kunjung Kantongi Izin Terbang, Boeing Kurangi Produksi Pesawat 737 Max

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Jatim Bersiap Jalani Kehidupan New Normal - MERDEKA BICARA with Khofifah Indar Parawansa

5