Sepanjang 2020, Realisasi Lelang Negara Turun Menjadi Rp26,19 Triliun

Sepanjang 2020, Realisasi Lelang Negara Turun Menjadi Rp26,19 Triliun
Gedung Kementerian Perekonomian. Merdeka.com/Arie Basuki
EKONOMI | 8 Januari 2021 14:29 Reporter : Dwi Aditya Putra

Merdeka.com - Direktorat Jenderal Kekayaan Negara Kementerian Keuangan mencatat realisasi lelang mencapai Rp26,19 triliun sepanjang 2020. Realisasi ini menurun dari capaian lelang tahun 2019 lalu yang telah mencapai Rp27,0 triliun.

Direktur Lelang, Joko Prihanto mengklaim capaian lelang pada tahun ini cukup bagus di tengah kondisi pandemi Covid-19. Bahkan capaian ini juga diluar dari perkiraan pemerintah.

"Sampai akhir 2020 ini lelang bisa bertransaksi kurang lebih Rp26,1 triliun. Realisasi lelang cukup bagus diluar prediksi kami," kata dia dalam bincang DJKN, Jumat (8/1).

Adapun realisasi tersebut terdiri dari pokok lelang swasta, yakni pejabat lelang kelas II mencapai Rp13,48 triliun dan melalui balai lelang mencapai Rp12,80 triliun.

Dia mengaku awalnya sempat khawatir dan minder ketika capaian lelang pada pertengahan tahun lalu baru mencapai Rp3 triliun. Namun di luar perkiraan pada sisa bulan selanjutnya realisasi lelang tembus mencapai Rp26,19 triliun.

"Untuk leleng di masa pandemi ini di 2020 bulan Juni saya minder juga karena baru Rp3 triliun, karena ada wabah covid tidak ada aktivitas. Prinsip lelang berkumpul mengundang orang terjadi jual beli dengan penawaran di situ," jelas dia. (mdk/azz)

Baca juga:
Sri Mulyani Sebut Vaksin Gratis Gavi Covax Bisa Hemat Anggaran RI
Fakta Dampak Pengetatan Terbatas PSBB Jawa Bali untuk Perekonomian RI
DJP: Wajib Pajak Sudah Bisa Laporkan SPT Tahunan
Menteri Sri Mulyani Janjikan Defisit APBN Kembali 3 Persen di 2023
Menteri Sri Mulyani Nilai Dampak Covid Masih Akan Terasa Sepanjang 2021
Pemerintah Siap Realokasi Anggaran untuk Vaksin Gratis

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami