September 2017, cadangan devisa RI naik USD 600 juta

UANG | 6 Oktober 2017 18:54 Reporter : Siti Nur Azzura

Merdeka.com - Bank Indonesia (BI) mencatat posisi cadangan devisa Indonesia pada September 2017 berada di USD 129,4 miliar. Angka ini lebih tinggi dibandingkan dengan posisi akhir Agustus 2017 yang sebesar USD 128,8 miliar.

Direktur Eksekutif Departemen Komunikasi BI, Agusman, mengatakan peningkatan tersebut terutama dipengaruhi oleh penerimaan devisa yang berasal dari penerimaan pajak dan devisa hasil ekspor migas bagian pemerintah, penarikan pinjaman luar negeri pemerintah, serta hasil lelang Surat Berharga Bank Indonesia (SBBI) valas.

"Penerimaan devisa tersebut melampaui kebutuhan devisa terutama untuk pembayaran utang luar negeri pemerintah dan SBBI valas jatuh tempo," ujarnya dalam keterangan tertulis di Jakarta, Jumat (6/10).

Posisi cadangan devisa pada akhir September 2017 tersebut cukup untuk membiayai 8,9 bulan impor atau 8,6 bulan impor dan pembayaran utang luar negeri pemerintah, serta berada di atas standar kecukupan internasional sekitar 3 bulan impor.

Bank Indonesia menilai cadangan devisa tersebut mampu mendukung ketahanan sektor eksternal dan menjaga kesinambungan pertumbuhan ekonomi Indonesia ke depan.

Sebelumnya, Gubernur BI Agus Martowardojo mengatakan kondisi perekonomian Indonesia saat ini menurut dia makin membaik. Salah satu indikatornya ialah posisi cadangan devisa yang diklaim terbaik sepanjang sejarah.

"Cadangan devisa kita terbaik sepanjang sejarah yaitu USD 127,8 miliar," ungkapnya. (mdk/sau)

Baca juga:
Presiden Jokowi perintahkan Menteri Jonan ikut berunding soal besaran pajak Freeport
Bos Wijaya Karya soal BUMN disebut monopoli proyek: Kita butuh swasta
Menteri Rini copot Dirjen Bea Cukai Heru Pambudi dari komisaris Pelindo II
Produk sarang walet Indonesia kuasai 72,31 persen pasar China
Wika Gedung garap proyek hunian Rp 600 M di Stasiun Pasar Senen
Gubernur Bali sebut berita negatif Gunung Agung pengaruhi sektor pariwisata
Menhub Budi pastikan proyek LRT dan MRT tak akan mangkrak

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.