Sering Digembar-Gemborkan Pemerintah, Apa Keuntungan B30?

UANG | 28 November 2019 15:14 Reporter : Merdeka

Merdeka.com - Kementerian Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) membeberkan beberapa manfaat penerapan pencampuran 30 persen Fatty Acid Methyl Ester(FAME) yang berbahan baku minyak sawit dengan solar (B30) mulai Januari 2020.

Direktur Jenderal Energi Baru Terbarukan Konservasi Energi (EBTKE), FX Sutijastoto mengatakan, manfaat yang didapat dari penerapan B30 adalah mengurangi impor Bahan Bakar Minyak (BBM) dan minyak mentah. Sebab, 30 persen komposisi Solar digantikan dengan fame, cara ini dapat mengatasi defisit neraca perdagangan.

"Bahwa B30 siap diimplementasikan, ini untuk mengatasi defisit neraca perdagangan. Kemarin kita capai rekor defisit besar sumber dari impor migas‎," kata Sutijastoto di Kantor Kementerian ESDM, Jakarta, Kamis (28/11).

Menurut Sutijastoto, penerapan B30 membutuhkan campuran FAME sebanyak 9,6 juta Kilo liter (Kl) setara dengan minyak 165 ribu barel per hari (bph), sehingga dapat mengurangi impor minyak sekitar 25 persen. Penggunaan FAME pada B30 jugu cukup besar, sebab saat ini rata-rata produksi minyak Indonesia sebesar 750 ribu bph.

"‎9,6 juta Kl setara dengan 165 ribu barel minyak per hari, cukup lumayan kan, lifting kita untuk kejar 700-800 ribu bph susah, ini dapatnya 165 barel per hari, kalau dihitung impor 20 25 persen dari impor," tuturnya.

1 dari 1 halaman

Berikan Kesejahteraan untuk Masyarakat

Sutijastoto mengungkapkan, penerapan B30 juga memberikan kesejahteraan bagi masyarakat. Sebab, sawit sebagai bahan baku FAME menyerap banyak tenaga kerja.

"Sisi lain sawit merupakan mata pencarian 17 juta petani ini sekaligus di samping memperbaiki ekonomi nasional secara makro," tandasnya. (mdk/idr)

Baca juga:
Uji Coba Selesai, B30 Siap Diterapkan 1 Januari 2020
Pertamina Mulai Sediakan Solar Bercampur Minyak Sawit
Pemerintah Tetapkan Spesifikasi Solar Dicampur 30 Persen Biodiesel
Desember 2019, Uni Eropa Umumkan Pengenaan Bea Masuk Biodiesel RI
Deretan Strategi Pemerintah Tekan Emisi Karbon Sesuai Paris Agreement
Pemerintah Tetapkan 8 Titik Uji Coba Penyaluran B30

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.