Advertorial

Sering Dilupakan Oleh Pengusaha, Inilah Penyebab Bisnis Tidak Berkembang

Sering Dilupakan Oleh Pengusaha, Inilah Penyebab Bisnis Tidak Berkembang
©KoinWorks
EKONOMI | 30 Juli 2021 10:00 Reporter : Iwan Tantomi

Merdeka.com - Ketika usaha atau bisnis yang sedang dikelola mampu mendapatkan keuntungan yang besar, menandakan bahwa perkembangannya cukup pesat. Berbeda jika sebaliknya, Anda perlu menyadari penyebab bisnis tidak berkembang saat ini. Kebanyakan pengusaha terlalu fokus pada keuntungan dan melupakan perkembangan bisnisnya.

Ada beberapa hal yang perlu dipelajari untuk memastikan bisnis berkembang pesat. Khususnya untuk memastikan bahwa usaha yang dijalani saat ini telah melakukan beberapa inovasi. Tidak banyak orang menyadari hal tersebut atau bahkan mengevaluasi perusahaannya sendiri.

12 Penyebab Bisnis Tidak Berkembang

Banyak pengusaha mengalami kendala akibat bisnisnya tidak berkembang. Saat ini Anda hanya perlu memperhatikan ulasan di bawah ini untuk menemukan efek keterlambatan dalam bisnis yang dijalani.

1. Perencanaan Dasar Kurang Matang

Ketika melakukan suatu bisnis, perencanaan dasar merupakan modal utama. Tanpa adanya perencanaan dasar yang matang, usaha apapun tidak akan berjalan dengan sempurna. Kebanyakan orang tidak untuk memanage bisnisnya karena tidak memiliki perencanaan.

2. Inovasi yang Lamban

Kebanyakan orang sangat meremehkan inovasi, terutama jika bisnisnya sudah mampu meraup keuntungan besar. Sebagai suatu acuan untuk memenangkan persaingan, perusahaan Anda perlu melakukan inovasi dengan jangka waktu tertentu. Kurangnya inovasi menjadi penyebab bisnis tidak berkembang paling banyak.

3. Penerapan Modal yang Kurang Baik

Memiliki suatu modal usaha memang menjadi hal baik untuk Anda, meskipun itu semua bisa menjadi tantangan tersulit. Kesulitan untuk mengelola modal adalah hal yang sering dialami oleh banyak pengusaha. Untuk itu, penyebab bisnis tidak berkembang kebanyakan adalah faktor modal usaha yang tidak diterapkan dengan baik. Dalam hal ini kamu bisa mendapatkan dukungan dari KoinWorks untuk pinjaman modal usaha berbasis p2p lending dan layanan konsultasi bisnis, KoinWorks merupakan perusahaan P2P Lending terpercaya karena terdaftar dan diawasi OJK.

4. Tidak Ada Aturan atau Kedisiplinan

Kebanyakan pelaku usaha saat ini tidak begitu memperhatikan kedisiplinan dalam berbisnis. Untuk itu, menerapkan aturan baik untuk pemilik ataupun pegawai adalah hal utama. Anda bisa memulai dengan menerapkan jam masuk kepada karyawan. Selain itu, bisa juga dengan menerapkan aturan untuk mengumpulkan hasil pekerjaan tepat waktu.

5. Marketing Belum Mengalami Perkembangan

Marketing menjadi kunci sukses suatu perusahaan, sering juga disebut sebagai jantung dari suatu bisnis. Tanpa marketing yang lebih dikembangkan lagi, Anda akan tertinggal dengan kompetitor. Banyak pengusaha mengalami kemerosotan karena tidak mendapatkan konsumen baru atau kemampuan mempertahankannya.

6. Target yang Tidak Optimal

Penyebab bisnis tidak berkembang selanjutnya adalah tidak adanya target yang optimal. Setidaknya Anda harus memiliki target setidaknya untuk 5 tahun ke depan, agar dapat memenangkan kompetisi.

7. SDM Kurang Mumpuni

Kemampuan SDM adalah kunci sukses suatu perusahaan. Pengusaha sering kali mendapatkan masukan usaha dari pekerja yang membantunya. Untuk itu, SDM yang lebih ditingkatkan lagi bisa menjadi asupan yang baik bagi perusahaan. Pengusaha akan mencoba untuk memperbaharui SDM nya dalam jangka waktu tertentu.

8. Kurangnya Evaluasi

Ketidakmampuan seorang pengusaha untuk mengevaluasi perusahaan saya sering menjadi kendala terbesar. Penyebab bisnis tidak berkembang ini banyak dialami oleh berbagai jenis pengusaha. Anda bisa mengatasinya dengan melakukan briefing dan evaluasi dengan karyawan.

9. Merasa Puas: Penyebab Bisnis Tidak Berkembang Paling Mematikan

Perasaan puas memang wajar untuk dimiliki oleh setiap pengusaha. Namun, selalu merasa puas sering menjadi penyebab gagalnya seseorang untuk sukses. Mereka merasa jika pencapaiannya saat ini sudah cukup, padahal persaingan di luar sana selalu mengalami perubahan. Untuk itu, selalu lakukan evaluasi dan inovasi yang tepat.

10. Kurang Mempelajari Kondisi Market

Kondisi market akan selalu mengalami perubahan seiring dengan waktu. Maka, mempelajari hal baru atau melakukan inovasi adalah hal penting bagi pengusaha. Kondisi market berubah seiring dengan permintaan pelanggan. Selain itu, inovasi dari perusahaan lain juga sering menjadi faktor utamanya.

11. Tidak Mempelajari Kompetitor

Memahami kompetitor adalah kunci sukses seorang pengusaha. Kompetisi market tidak mudah untuk dipahami, kecuali dengan mempelajari kompetitor. Maka, melakukan market research menjadi kunci bagi perusahaan untuk berkembang. Tim riset berpengalaman berpeluang untuk membantu memajukan perusahaan dengan cepat.

Market research atau consulting bisa membantu untuk mengembangkan usaha. Banyak orang yang menggunakan salah satu cara ini. Selain itu, perusahaan tersebut biasanya sudah mengetahui apa saja yang terjadi di market dan sejauh mana kamu tertinggal.

12. Tidak Mahir di Dunia Digital

Jenis usaha apapun telah mengalami digitalisasi saat ini. Banyak perusahaan yang belum familiar dengan digitalisasi saat ini, dan membuat mereka semakin terbelakang. Hal itu sering menjadi penyebab bisnis tidak berkembang, khususnya karena belum memahami berbagai aspek digitalisasi tersebut. Anda bisa melakukannya dengan mulai menerapkan hal kecil di perusahaan berbasis digital.

Sudah Tahu Penyebab Bisnis tidak Berkembang?

Mengembangkan usaha atau bisnis yang dijalani adalah kunci untuk mendapatkan kesuksesan. Untuk itu, Anda perlu memahami apa saja yang membuat usaha tidak berkembang dari sekarang. (mdk/tmi)

TOPIK TERKAIT

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami