Setelah Pegatron, BKPM Ajak Produsen iPad Taiwan Pindahkan Pabrik ke Indonesia

UANG | 30 Juli 2019 16:07 Reporter : Wilfridus Setu Embu

Merdeka.com - Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Thomas Lembong mengatakan, saat ini Indonesia tengah mendekati Compal Electronics, produsen Apple iPad asal Taiwan. Tujuannya agar perusahaan tersebut memindahkan pabriknya ke Indonesia.

"Bapak Menteri Perindustrian juga sedang berkomunikasi dengan supplier namanya Compal untuk melakukan relokasi ke Indonesia," kata dia, di kantornya, Jakarta, Selasa (30/7).

Dia mengatakan selain mendekati pelaku usaha, Indonesia juga berdiskusi dengan pemerintah China dalam upaya memenangkan persaingan dalam menarik relokasi pabrik dari China.

"Ada dua lagi supplier utama apple yang memilih untuk relokasi ke india yaitu Foxconn dan Wistron yang memang kita menghadapi persaingan sengit dari negara tetangga untuk menggarap relokasi dari China," urai Lembong.

"Kami terus berkoordinasi dengan pemerintah tiongkok itu sendiri, alasan relokasi pabrik ini bukan hanya soal perang dagang, tapi memang sudah waktunya tiongkok mengembalikan pabrik-pabrik yang dulu diambil dari negara-negara Asia Tenggara, 20 tahun lalu," imbuhnya.

Dia pun menjelaskan, saat ini produsen Apple, iPhone asal Taiwan, yaitu Pegatron, sudah merelokasi pabriknya ke Batam, Indonesia. Nilai investasi perusahaan tersebut mencapai USD 40 juta.

"Diperkirakan akan menghasilkan ekspor USD 1 miliar per tahun. Kira-kira 2021 2022. Ini kan butuh waktu, mulai beroperasi pelan pelan," tandasnya.

Baca juga:
4 Unicorn RI GO-JEK, Tokopedia, Bukalapak & Traveloka Disebut Milik Singapura
Manfaatkan Perang Dagang, BKPM Rayu Pengusaha Mebel China Relokasi Pabrik ke RI
Kuartal II 2019, Investasi Singapura Masih yang Tertinggi Capai Rp 23 Triliun
BKPM Catat Investasi Kuartal II-2019 Serap 255.314 Tenaga Kerja
Kuartal II-2019, Realisasi Investasi Naik 13,7 Persen Mencapai Rp 200,5 T
Larangan Warga China ke AS jadi Peluang Kembangkan Pariwisata Indonesia

(mdk/azz)