Siap Beroperasi November, Pelabuhan Patimban Telah Lakukan Uji Sandar Kapal

Siap Beroperasi November, Pelabuhan Patimban Telah Lakukan Uji Sandar Kapal
UANG | 31 Oktober 2020 18:00 Reporter : Anisyah Al Faqir

Merdeka.com - Pembangunan Pelabuhan Patimban tahap 1 direncanakan selesai pada minggu ketiga November 2020. Direktur Jenderal Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan, Agus Purnomo, mengatakan dermaga tahap 1 sudah melakukan uji sandar kapal.

Proses uji sandar kapal ini pun telah dilakukan sejak awal minggu akhir Oktober. Hasil uji coba tersebut dinilai sudah cukup memuaskan.

"Sekarang kami sedang melakukan persiapan untuk jalan akses, sehingga nanti di minggu ketiga November, Pelabuhan Patimban tahap 1 sudah siap untuk beroperasi," kata Agus di Subang, Sabtu (31/10).

Sebagai informasi, Patimban menjadi salah satu Proyek Strategis Nasional (PSN) yang memiliki area seluas 369 hektar. Lalu backup area mencapai 356 hektar.

Adapun biaya investasi total mencapai Rp43,2 triliun. Pada tahap 1 ini pembangunan menggunakan dana APBN dan pinjaman dari Jepang sebesar Rp14 triliun.

Tahap lanjutan dari pengembangan pelabuhan ini akan dilakukan pada tahun 2023. Nilai nilai investasi tahap lanjutan ini sebanyak Rp9,5 triliun.

Baca Selanjutnya: Pelabuhan Patimban Diharap Dorong Roda...

Halaman

(mdk/bim)

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami