Siap-Siap, Pemerintah akan Hapus BBM Jenis Premium dan Pertalite

Siap-Siap, Pemerintah akan Hapus BBM Jenis Premium dan Pertalite
SPBU. Merdeka.com/Dwi Narwoko
EKONOMI | 23 Desember 2021 22:47 Reporter : Idris Rusadi Putra

Merdeka.com - Pemerintah memberi sinyal akan menghapus Bahan Bakar Minyak (BBM) jenis Premium dan Pertalite secara bertahap. Untuk tahap awal, pemerintah akan mendorong penggunaan bensin RON 90 atau Pertalite sebagai bahan bakar minyak ramah lingkungan. Ini dilakukan karena Indonesia baru memasuki masa transisi energi.

"Kita memasuki masa transisi di mana premium RON 88 (Premium) akan digantikan dengan Pertalite RON 90, sebelum akhirnya kita akan menggunakan bahan bakar yang ramah lingkungan,: kata Direktur Pembinaan Usaha Hilir Minyak dan Gas Bumi Kementerian ESDM, Soerjaningsih dikutip dari Antara, Kamis (23/12).

Soerja menginformasikan bahwa premium RON 88 saat ini hanya digunakan oleh tujuh negara saja. Volume yang digunakan pun sangat kecil karena kesadaran masyarakat menggunakan bahan bakar minyak dengan kualitas yang lebih baik menjadi salah satu penyebabnya.

Lebih lanjut Soerja mengungkapkan pemerintah sedang menyusun peta jalan bahan bakar minyak ramah lingkungan di mana nantinya Pertalite juga akan digantikan dengan bahan bakar yang kualitasnya lebih baik.

"Dengan roadmap ini, ada tata waktu di mana nantinya kita akan menggunakan BBM ramah lingkungan. Ada masa di mana pertalite harus dry, harus shifting dari pertalite ke pertamax," ujarnya.

Pemerintah akan berusaha meredam gejolak yang timbul di masyarakat terkait proses shifting Pertalite ke Pertamax.

Perubahan dari Premium ke Pertalite akan mampu menurunkan kadar emisi karbon dioksida sebesar 14 persen. Adapun perubahan dari pertalite ke pertamax akan menurunkan kembali emisi karbon dioksida sebesar 27 persen. (mdk/idr)

Baca juga:
Buntut Aksi Mogok Sopir, Dishub Kota Kupang Naikkan Tarif Angkot
Pasokan Langka, Harga Pertalite di Kota Sorong Tembus Rp50.000 per Liter
Antrean BBM Berulang Kali Terjadi, Pemkab Jayawijaya Panggil Agen
Organda Keluhkan Harga BBM Pertalite Diam-Diam Naik dan Premium Sulit Didapat
Ketersediaan Stok Solar di Tangerang Aman hingga Akhir Tahun
Nelayan Sulit Dapatkan Solar Bersubsidi

Baca berita pilihan dari Merdeka.com

Mari bergabung di Grup Telegram

Merdekacom News Update

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami