Simak Jadwal Terbaru Pengumuman Nomor Induk PPPK Guru

Simak Jadwal Terbaru Pengumuman Nomor Induk PPPK Guru
Guru. ©2012 Merdeka.com/sdnpuspiptek.wordpress.com
EKONOMI | 23 Desember 2021 10:15 Reporter : Anggun P. Situmorang

Merdeka.com - Badan Kepegawaian Negara (BKN) akan segera menetapkan Nomor Induk PPPK Guru 2021. Untuk itu, BKN meminta instansi yang telah mendapatkan Hasil Pengolahan Kelulusan yang sudah ditandatangani secara elektronik oleh Kepala Badan Kepegawaian Negara melalui inbox Admin PPPK Guru, wajib mengumumkan kelulusan tersebut dan agar dapat segera melaksanakan pemberkasan Penetapan Nomor Induk PPPK Guru.

Kepala Biro Hubungan Masyarakat, Hukum dan Kerja Sama BKN Satya Pratama mengatakan, pemberkasan penetapan NI PPPK Guru tahun 2021 disampaikan kepada Kepala Badan Kepegawaian Negara untuk instansi pusat. Sementara itu, Kepala Kantor Regional untuk instansi daerah secara elektronik (paperless) melalui Sistem Aplikasi Pelayanan Kepegawaian (SAPK) dan aplikasi pendukung dokumen elektronik (DOCUDigital).

"Tanda tangan penetapan Nomor Induk PPPK dilakukan secara digital (digital signature)," kata Satya kepada merdeka.com, Jakarta, Kamis (23/12).

Persyaratan kelengkapan dokumen usul penetapan NI PPPK diatur dalam Pasal 25 Peraturan BKN Nomor 1 Tahun 2019 sebagaimana telah diubah dengan Peraturan BKN Nomor 18 Tahun 2020. Pelamar yang dinyatakan lulus agar mengisi Daftar Riwayat Hidup (DRH) serta menyampaikan kelengkapan dokumen secara elektronik melalui lama sscasn yang dibuka mulai tanggal 24 Desember 2021 sampai dengan 10 Januari 2022.

"Penyampaian kelengkapan dokumen usul penetapan NI PPPK Guru oleh Instansi disampaikan melalui SAPK dan Aplikasi DOCUDigital mulai tanggal 2 Januari 2022 sampai dengan tanggal 31 Januari 2022," jelasnya.

Penentuan mulai berlakunya pengangkatan sebagai PPPK Guru Tahun 2021 ditetapkan terhitung mulai tanggal 1 bulan berikutnya dari tanggal penyampaian usul penetapan Nomor Induk PPPK Guru kepada Kepala BKN untuk Instansi Pusat dan Kepala Kantor Regional BKN untuk Instansi Daerah.

2 dari 2 halaman

100 Ribu Guru Honorer Segera Diangkat Jadi PPPK

guru honorer segera diangkat jadi pppk

Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Mendikbud Ristek) Nadiem Makarim mengatakan, sebanyak 100 ribu guru honorer telah dinyatakan lulus Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) 2021 tahap I. Nantinya, daftar nama guru honorer yang lulus akan diumumkan secara resmi oleh Kemendikbud Ristek.

"Saya sampaikan selamat kepada guru honorer yang sudah lulus PPPK 2021 tahap I. Ada 100 ribu yang lulus," katanya dalam rapat kerja Komisi X DPR RI, Kamis (23/9).

Dia menegaskan, 100 ribu guru honorer yang akan diangkat menjadi guru PPPK tersebut baru berdasarkan rekap awal. Angka 100 ribu guru honorer itu, merupakan 30 persen dari total 326.476 formasi yang mendapatkan pelamar.

Nadiem yakin, jumlah guru honorer yang lolos dan akan diangkat menjadi guru PPPK akan terus bertambah pada tes seleksi berikutnya.

"Lebih banyak lagi yang akan diangkat setelah ujian seleksi kedua dan ketiga. Alasannya banyak, mereka tentunya sudah mengetahui (materi) tes yg pertama, tes kedua biasanya akan meningkat," ujarnya.

Menurutnya, formasi yang tersedia pada seleksi berikutnya juga akan lebih banyak, sebab pihaknya terus meyakinkan Pemerintah daerah untuk menyediakan formasi bagi guru PPPK.

“Saat ini, pengolahan data hasil ujian seleksi pertama masih berlangsung dan panitia seleksi nasional masih berembuk untuk memfinalisasi hasil ujian tersebut. "Pengumuman lengkap ujian seleksi pertama dilakukan beberapa hari ke depan," pungkas Nadiem.

(mdk/bim)

Baca juga:
Dibebankan ke Daerah, Pemkab Bogor Anggarkan Rp96 Miliar untuk Gaji PPPK Tahun 2022
Seleksi Kompetensi II Guru ASN-PPPK 2021 Diundur jadi 7 Desember
Begini Cara Cetak Kartu Ujian Seleksi PPPK Guru Tahap II
Simak, Jadwal Terbaru Seleksi PPPK Guru Tahap II 2021
Catat, Jadwal Tes SKB CPNS 2021 Hingga Penetapan NIP
1.319 Guru Honorer Kabupaten Bogor Diangkat jadi PPPK
Simak Cara Mengecek Kelulusan SKD CPNS dan PPPK 2021

Baca berita pilihan dari Merdeka.com

Mari bergabung di Grup Telegram

Merdekacom News Update

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami