Singgung Perang Dagang, Miliuner Sebut Banyak Teman Bagus Untuk Bisnis

UANG | 3 Oktober 2019 09:00 Reporter : Merdeka

Merdeka.com - Miliuner senior Jimmy Pattison (91) menjelaskan pentingnya menjaga relasi dalam berbisnis. Jimmy Pattison adalah pemilik Jim Pattison Group yang bergerak di sektor dealer mobil sekaligus pemilik Guinness World Record.

Dalam wawancara dengan Bloomberg, orang kaya asal Kanada itu berharap negaranya bisa lebih business-friendly agar bisa mengundang lebih banyak penanaman investasi. Bersahabat dengan negara asing pun dinilai penting agar ujungnya bisa menambah lapangan kerja.

"Saya pikir bisnis adalah hal yang menciptakan lapangan kerja, dan kita butuh berteman dengan negara asing sebanyak mungkin, karena negara kita mengekspor banyak hal. Dari sudut pandang politik, sudut pandang bisnis, lebih banyak teman yang kita punya maka lebih baik untuk bisnis," ujar Pattison.

Sang miliuner mengakui bahwa perang dagang yang terjadi amatlah rumit, dia bahkan tak mampu menjelaskannya. Negaranya sendiri terlibat dengan perang dagang karena merupakan sekutu dengan Amerika Serikat (AS).

Dia juga berbisnis di China, sehingga dia khawatir soal relasi China-Kanada. Meski Kanada dekat dengan AS, Pattison mengaku tidak tak ingin memilih antara AS dan China. Namun, ia percaya posisi perusahaannya kuat berkat diversifikasi.

"Saya harap tidak (memilih pihak tertentu). Kita melakukan banyak bisnis dengan AS, dan kami melakukan lebih banyak dan banyak bisnis di China. Saya membahas perusahaan saya. Jadi apa yang terjadi secara politik memberikan efek dratis ke kami. (Tetapi) kami sudah terdiversifikasi. Dan itu bagus," ujar Pattison.

Sentimen yang disampaikan sang miliuner mirip dengan Perdana Menteri Singapura Lee Hsien Loong yang khawatir jika negara-negara harus memilih antara AS atau China akibat perang dagang.

Berdasarkan data Bloomberg Billionaire Index, kekayaan Jimmy Pattison adalah sebesar USD 6,47 miliar atau Rp91,8 triliun (USD 1 = Rp14.202). Dia saat ini adalah salah satu orang terkaya di Kanada.

1 dari 1 halaman

Sumber Pendpatan Orang Terkaya Dunia

Mungkin hampir semua orang sudah kenal dengan Jeff Bezos. Miliuner pendiri Amazon, e-commerce terkenal yang sudah melayani jutaan orang di seluruh dunia dan menjadi orang terkaya dunia. Bisnis ini berkontribusi besar terhadap sebagian pendapatannya.

Tapi, Bezos bukan orang yang cuma mengandalkan kejayaan bisnis sendiri saja untuk menjadi kaya raya. Rahasia kekayaannya adalah investasi.

Mengutip laman Forbes, Bezos jadi orang terkaya di dunia karena pandai memutar uang yang dihasilkan dari bisnis.

Dia memutuskan untuk berinvestasi di segala lini bisnis, terutama teknologi, dan kebanyakan bisnis tersebut masih kecil dan sedang berkembang.

Karena kalkulasinya yang apik, beberapa bisnis yang dapat pendanaan Bezos berhasil jadi perusahaan besar dan sangat sukses, seperti Airbnb, Uber Technologies, Twitter dan Washington Post.

Laporan Wyatt Investment Research membeberkan, miliuner ini menggelontorkan dana USD 37 juta di Uber Technologies, USD 15 juta di Twitter dan USD 112 juta di Airbnb.

Reporter: Tommy Kurnia

Sumber: Liputan6.com (mdk/idr)

Baca juga:
Kemampuan Steve Jobs ini Bikin Iri Orang Terkaya Lain
Menguak Sumber Pendapatan Orang Terkaya Dunia
10 Bos Perusahaan dengan Penghasilan Terbesar Sejagat
Orang Terkaya Afrika Hibahkan Rp424 Miliar ke Wanita Tak Mampu
5 Orang Kaya Dipecat dari Perusahaan Sendiri
Orang Terkaya Dunia Potong Tunjangan Kesehatan 1.900 Karyawannya

TOPIK TERKAIT